Iran Punya Kapal Perusak Siluman, Hubungan dengan AS Makin Tegang

Kapal Destroyer Sahand.
Sumber :
  • Navy Times

VIVA – Angkatan Laut Iran berhasil membuat kapal perang jenis perusak atau destroyer bernama Sahand yang mampu lolos dari pantauan radar atau siluman.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Komandan Kapal Destroyer Sahand, Laksamana Muda Alireza Sheikhi, mengatakan bahwa Sahand bagian dari misi jangka panjang untuk mengarungi samudera.

Menurutnya, Kapal Destroyer Sahand mampu berlayar selama lima bulan tanpa dukungan suplai di perairan yang berombak tinggi.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Ia mengkliam kapal perusak ini dibuat dengan teknologi rumit. Karakteristik utama dan keunggulan dari pembuatan Sahand ini adalah teknologi yang sepenuhnya dalam negeri.

Sahand juga memiliki dek untuk tempat pendaratan helikopter, peluncur torpedo, anti-pesawat dan anti-kapal senjata, rudal dari darat ke darat dan darat ke udara, serta kemampuan melakukan perang elektronik atau electronic warfare.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

“Kapal ini merupakan hasil dari desain kreatif dan berani dengan mengadalkan pengetahuan teknis lokal dari AL Iran. Kapal ini memiliki kemampuan siluman,” kata Sheikhi, seperti dikutip dari NDTV, Jumat, 7 Desember 2018.

Sahand resmi memperkuat jajaran Angkatan Laut Iran dan berpangkalan di Bandar Abbas di Teluk Persia.

Klaim peluncuran itu mengakibatkan hubungan Iran dan Amerika Serikat semakin tegang. Sebelumnya, Iran menyatakan akan tetap melanjutkan program nuklir mereka meski dibayangi oleh sanksi dari AS. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya