'Say Hello' dari Mars, NASA Rilis Foto Selfie Pertama di Planet Merah

Foto selfie probe InSight di Planet Mars.
Sumber :
  • NASA

VIVA – Setelah berhasil mendarat di planet Mars 26 November lalu, probe (pesawat luar angkasa) InSight NASA telah mengirim beberapa temuan ke Bumi. Beberapa hari lalu, suara hembusan angin di Planet Merah itu. Sekarang, yang terbaru adalah foto selfie.

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Jangan membayangkan akan melihat penampakan astronot memegang kamera ponsel, ya. Probe InSight adalah robot pendarat tanpa awak. Foto selfie di planet Mars tersebut menampilkan badan pesawat itu sendiri, dan sebagian daratan planet yang tercakup.

Laman resmi NASA, 12 Desember 2018, merilis foto selfie InSight itu. Di bagian keterangan disebutkan: “Ini adalah selfie pertama InSight NASA di Mars. Ia menampilkan panel surya dan dek. Di atas dek adalah instrumen sains, sensor cuaca, dan antena UHF. Selfie diambil pada 6 Desember 2018”.

Meninggal Dunia dengan Cara yang Tak Biasa

Pengambilan foto selfie ini menggunakan kamera pada lengan robot. Untuk mendapatkan satu foto yang terlihat utuh, ada 11 potongan gambar yang dikirim InSight. NASA kemudian merangkainya. Kita bisa lihat bagian dek InSight, panel surya, dan rangkaian instrumen, yang berdiri di atas daratan berwarna kemerahan.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Pengiriman foto selfie InSight ke Bumi itu bukan sekadar gaya-gayaan. Tapi bertujuan untuk memberikan citra ke tim NASA tentang kondisi di Mars. Hal ini diperlukan tim dalam memutuskan di mana InSight akan menetap, mengatur dan menancapkan peralatannya, serta melanjutkan tugas penelitian di Mars.

Probe InSight diluncurkan pada 5 Mei 2018 dengan roket Atlas. Pesawat antariksa ini menempuh perjalanan 483 juta km dan mendarat di Elysium Planitia, planet Mars, pada 26 November 2018. (sar)

Astronot.

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

570 astonot dari 41 negara sudah mencicipi luar angkasa sejak misi penjelajahan antariksa pertama kali diluncurkan. 11 orang di antaranya astronot Muslim.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024