Penampakan Stiker Hari Raya Yahudi di WhatsApp

Fitur baru WhatsApp.
Sumber :
  • Instagram/@whatsapp

VIVA – Memasuki penghujung tahun, WhatsApp menambah paket stiker yang tersedia di platform mereka. Aplikasi milik Facebook itu menambah paket stiker bertema perayaan hari besar yakni Natal, Hanukkah atau hari raya Yahudi, serta hari Kwanzaa atau perayaan diaspora Afrika di Amerika.

WhatsApp Allows Users to Pin Multiple Messages in a Chat

Paket stiker baru dengan nama Merry and Bright itu dibuat oleh Miguel Angel Camprubi. Akun pembocor informasi WhatsApp, WABetaInfo dikutip Kamis 13 Desember 2018 mengungkapkan, paket stiker baru ini telah tersedia untuk platform iOS dan Android.

Untuk striker perayaan Natal dalam paket ini menampilkan stiker sinterklas, pohon natal. Untuk perayaan Kwanzaa menampilkan stiker makanan buah-buahan. Sedangkan untuk hari raya Yahudi, paket stiker menampilkan lambang khas Hanukkah yakni delapan lilin. 

WhatsApp Dongkrak Kemampuan Fitur Ini

Dikutip dari buku Hari Raya Liturgi: Sejarah dan Pesan Pastoral Gereja karya Rasid Rachman, Hanukkah diperingati selama delapan hari mulai dari tanggal 25 bulan Kislew atau bulan kesembilan dalam kalender Yahudi. Tanggal tersebut umumnya masuk pada Desember pada kalender Gregorian. 

Untuk tahun ini, Hanukkah dirayakan mulai Minggu 2 Desember 2018 sampai Senin 10 Desember 2018. 

Begini Cara Blokir WhatsApp tapi Profilnya Tetap Terlihat

Rasid menuliskan, Hanukkah sering disebut sebagai hari Penahbisan Bait Allah. Perayaan ini diadakan di Yerusalem pada musim dingin dan berbarengan dengan masa Adven. 

Latar belakang Hanukkah ini, tulis Rasid, berkaitan dengan kemenangan Yudas Makabe bersama saudaranya. Mereka mengalahkan musuh dan kemudian berbaris menuju Yerusalem untuk membersihkan dan menyucikan kembali Kenisah yang telah diporakporandakan musuh pada 168 Sebelum Masehi. 

Atas kemenangan itu, Yudas dan saudaranya membangun mezbah baru dengan bentuk dan ukuran yang sama, Tiga tahu setelahnya, dirayakan pemberkatan yang disebut Hanukkah selama delapan hari. 

Dalam perayaan ini, umat berarakan sambil membawa tongkat berhiaskan daun palem, mempersembahkan kurban, dan bernyanyi dengan iringan alat musik. Delapan lilin dalam perayaan Hanukkah dinyalakan satu per satu setiap hari, baik di sinagog atau rumah ibadah Yahudi maupun di rumah-rumah. Pada hari kedepan perayaan, genap semua lilin menyala semua.   (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya