Transaksi Harbolnas Rp7 Triliun, Apakah Tercapai?

Pekerja mengemas barang pesanan konsumen saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018 di Warehouse Lazada, Depok, Jawa Barat, Rabu, 12 Desember 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas pada 12 Desember telah terselenggara. Momen ini menjadi salah satu hajatan para platform perdagangan elektronik atau e-commerce untuk saling berlomba-lomba menjaring pelanggan dengan sejumlah promo, baik diskon hingga cashback.

Sambut Harbolnas, Zulhas Jadi Host Shopee Live Bersama Seller UMKM Ekspor

Berdasarkan keterangan tertulis, Senin 17 Desember 2018, platform e-commerce menggelar sejumlah program diskon dan casback gila-gilaan, Lazada memberikan diskon hingga 90 persen, Shopee dan Bukalapak memberi potongan harga hingga 80 persen.

Platform lain, misalnya Pegipegi memberi cashback hingga Rp1,2 juta. Namun promo yang mereka hadirkan itu memiliki sejumlah syarat dan ketentuan. Misalnya untuk satu barang pembeli memiliki batas jumlah pembelian.

Sambut Harbolnas, TikTok Shop Resmi Gabung Tokopedia dan Beroperasi Lagi

Pengguna dan pemburu belanja online juga harus mengadu kecepatan dengan pembeli lain. Terlambat sedikit saja mereka akan langsung kehilangan barang tersebut. Sementara itu, Traveloka diklaim tidak memiliki syarat, sehingga setiap akun bisa mendapatkan diskon selama periode promo.

Nilai transaksi Harbolnas juga terus meningkat setiap tahunnya, pada 2017 nilainya mencapai Rp4,7 triliun. Lalu untuk tahun ini targetnya mencapai Rp7 triliun. Adanya berbagai program yang menarik membuat target ini bisa tercapai.

idEA Pede Raup Rp25 Triliun dalam Tiga Hari

Menurut survei yang dilakukan oleh Katadata Insight Center, promo yang menarik bagi konsumen ialah diskon, gratis ongkir, dan harga yang jauh lebih murah dibanding pembelian offline.

ilustrasi Harbolnas.

UMKM Lokal Ungkap Peningkatan Penjualan di Harbolnas 12.12

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 menjadi momentum penting tidak hanya untuk para pelanggan tetapi juga UMKM lokal.

img_title
VIVA.co.id
17 Desember 2023