Logo BBC

Spesies Amfibi Baru Ini Dinamai Donald Trump

EnviroBuild, perusahaan yang memenangkan hak penamaan makhluk tersebut, menambahkan rambut khas presiden Donald Trump pada bagian kepala amfibi. - EnviroBuild / Getty Images
EnviroBuild, perusahaan yang memenangkan hak penamaan makhluk tersebut, menambahkan rambut khas presiden Donald Trump pada bagian kepala amfibi. - EnviroBuild / Getty Images
Sumber :
  • bbc

Para tokoh biasanya senang-senang saja jika nama mereka digunakan sebagai penghormatan untuk sesuatu yang memiliki kemiripan dengan mereka, namun Donald Trump bisa jadi akan keberatan kali ini: namanya digunakan untuk sebuah spesies amfibi.

Spesies baru amfibi yang mengubur kepalanya di dalam pasir diberi nama sesuai dengan nama presiden AS, gara-gara pernyataannya tentang perubahan iklim baru-baru ini.

Aidan Bell, CEO perusahaan EnviroBuild memenangkan hak penamaan Dermophis donaldtrumpi, yang ditemukan di Panama, setelah mengajukan penawaran senilai US$25.000 (Rp360 juta) dalam sebuah acara lelang.

Perusahaan tersebut mengutarakan keinginannya untuk meningkatkan kesadaran tentang perubahan iklim.

"(Dermophis donaldtrumpi) ini sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim dan oleh karenanya terancam punah sebagai akibat langsung dari kebijakan yang mengatasnamakan iklim ini," kata CEO EnviroBuild Aidan Bell dalam sebuah pernyataan.

Makhluk kecil dan buta ini, adalah sejenis caecilian atau amfibi berwujud cacing yang hidup di bawah tanah, dan Bell membandingkannya dengan sikap Trump yang menyangkal perubahan iklim.

Aidan mengatakan spesies itu menggali pasir dengan kepalanya. "Sifat makhluk ini mengacu pada Donald Trump saat menghindari konsensus ilmiah bahwa perubahan iklim terjadi akibat ulah manusia," tulisnya.