Penemuan Planet Baru yang Bertabur Batu Permata

Ilustrasi planet luar tata surya.
Sumber :
  • http://www.isains.com/

VIVA – Safir dan rubi merupakan jenis batu permata yang langka di Bumi dan bernilai sangat tinggi. Maka itu, hanya kalangan tertentu saja yang mampu memilikinya.

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Atmosfer Bumi Hilang

Namun, apa jadinya jika suatu planet bertabur batuan mahal tersebut? Kedengarannya seperti fenomena fiksi saja. Akan tetapi ilmuwan belum lama ini mengklaim telah menemukan planet yang mengandung batu permata itu.

Planet itu berada di luar tata surya kita, dan dijuluki Bumi Super. Nama resminya HD219134 b. Berdasarkan laporan di laman Royal Astronomical Society, Desember lalu, Bumi Super itu terbentuk pada suhu tinggi di dekat bintang inangnya. Ia mengandung kalsium, alumunium, serta oksida dalam jumlah tinggi, termasuk safir dan rubi.

Pakar Ungkap Alasan Alien Enggan Berkunjung ke Bumi

"Planet itu kemungkinan berkilau merah ke biru seperti batu rubi dan safir, karena batu permata ini adalah aluminium oksida yang umum di planet ekstrasurya tersebut," kata Caroline Dorn, ahli astrofisika dari Universitas Zurich.

Dia menyebutkan bahwa jarak HD219134 b adalah 21 tahun cahaya dari Bumi kita. Ia juga mengorbit bintangnya dalam bilangan tahun yang lamanya hanya tiga hari, di rasi bintang Cassiopesia.

Menelisik Kehidupan Kembaran Bumi

Selain HD219134 b, peneliti juga menemukan dua planet lain. Jadi ada tiga kandidat yang kemungkinan berasal dari kelas eksoplanet baru.

Dalam makalah mereka, peneliti mengatakan kemungkinan benda-benda eksotis ini memiliki kepadatan 10 hingga 20 persen lebih rendah daripada Bumi. (ann)

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Manusia Bisa Hidup di Planet Selain Bumi karena AI

Banyak orang terobsesi dengan menciptakan kehidupan di luar Bumi. Terbaru, manusia bisa hidup di Mars dengan bantuan Artificial Intelligence (AI).

img_title
VIVA.co.id
17 November 2023