Eks Pejabat NASA yang Dijuluki 'Mother of the Hubble' Meninggal Dunia

Nancy Grace Roman.
Sumber :
  • Fox News

VIVA – Nancy Grace Roman, perempuan pertama yang memegang posisi eksekutif di Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA tutup usia pada Selasa, 25 Desember 2018, atau tepat Hari Natal. Ia meninggal dunia pada usia ke-93 tahun.

SpaceX dan NASA Dikabarkan Akan Kirim Pesawat ke Teleskop Hubble

NASA mengatakan Nancy mewarisi kemajuan kaum perempuan di dalam sains dan mengilhami para ilmuwan perempuan muda. Bahkan, seperti dilansir dari Mirror, Rabu, 2 Januari 2019, Jim Bridenstine mengunggah sebuah tweet, yang mengatakan, bahwa Nancy kerap dijuluki 'Mother of the Hubble' atau 'Ibu Hubble'.

Bridenstine adalah pejabat NASA sekaligus politisi Partai Republik. Nancy pernah mengelola sejumlah proyek, salah satunya, Hubble Space Telescope yang diluncurkan pada 1990.

Bisa Dihuni Manusia, Ini 10 Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS

Saat bergabung dengan klub astronomi, ia masih berumur 11 tahun. Nancy juga dekat dengan Jack Clark, ilmuwan NASA, yang merekomendasikan para astronom untuk bekerja di NASA.

Sejak itulah, Nancy kemudian melamar dan diterima sebagai kepala astronomi di NASA Office of Space Science. Ia pun terlibat di banyak proyek, termasuk percobaan penerbangan pada misi Spacelab, Gemini, dan Apollo.

Stasiun Luar Angkasa AS-Rusia Masuk Dalam Ketegangan Geopolitik

Bukan itu saja. Nancy juga mengenal politik lewat negosiasi pendanaan dengan kongres AS. Setelah bekerja di NASA selama 21 tahun, ia lalu melanjutkan karirnya di perusahaan swasta hingga 1988.

Sebagai tanda penghormatan, pada 2007, Nancy diabadikan di Lego 'Women of NASA' dan namanya menempel pada sebuah asteroid yang dijuluki '2516 Romawi'.

Koper bertenaga AL

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Koper AI tenaga canggih ini juga menawarkan umpan balik kepada para penggunanya, yakni tunantera baik melalui komponen percakapan bawaan, serta sensor haptik di pegangan.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2023