Akhirnya Windows 10 Salip Windows 7

Windows 10
Sumber :
  • www.pixabay.com/ArtificialOG

VIVA – Windows 10 akhirnya menyalip pendahulunya, Windows 7. Hasil analisis dari firma analitik trafik, Net Applications menunjukkan pangsa pasar Windows 10 pada desktop dan laptop PC melampaui pangsa pasar Windows 7 pada jenis perangkat yang sama. Windows 10 menyalip Windows 7 pertama kalinya pada Desember 2018, sejak Windows 10 dirilis tiga tahun lalu. 

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Dilansir laman Tech Republic, Kamis 3 Januari 2018, dalam laporan NetMarketShare, firma Net Application menunjukkan sekitar 39,22 persen PC berbasis Windows menggunakan Windows 10, sedangkan Windows 7 digunakan oleh 36,90 persen PC dan laptop saja.

Secara keseluruhan Windows masih menjadi raja sistem operasi desktop dengan pangsa pasar 86,2 persen.  

Banyak Pengguna Komputer Mengeluh Tak Bisa Unduh Windows 11

Windows 10 memang menyalip Windows 7, namun pencapaian Windows 10 tergolong telat dari ekspektasi sebelumnya. Pada pertengahan 2018, Microsoft sebenarnya menargetkan ada satu miliar perangkat yang menggunakan Windows 10. 

Nyatanya target meleset. Pada pertengahan tahun lalu, hampir 700 juta perangkat setiap bulannya menggunakan Windows 10, itu pun pada perangkat tablet, ponsel dan konsol Xbox, minus PC. 

Tips Singkat Lengkap Cara Instal Windows 10

Kegagalan Microsoft mencapai target salah satunya akibat kesalahan Windows yang tak mampu menggaet pengguna di pasar ponsel. 

Jika Net Application mengatakan Windows 10 mengambil alih pangsa pasar Windows 7 pada Desember 2018, perusahaan lain StatCounter mengatakan hal tersebut terjadi pada Januari 2018.

Nampaknya kecenderungan ini akibat pada Januari 2020 mendatang merupakan tenggat pengguna untuk menggunakan Windows 7. Kabar adopsi Windows 10 menjadi angin segar juga untuk Microsoft yang mengalami sejumlah masalah salah satunya adanya bug pada update Windows 10 Oktober lalu. (ali)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya