Apa Jadinya Astronaut Telepon Salah Sambung ke 911?

Foto Indonesia dari Stasiun Antariksa Internasional
Sumber :
  • Instagram/@astro_feustel

VIVA – Menjalankan misi di antariksa, tak lantas astronaut putus komunikasi. Astronaut kadang justru menelpon pusat kendali di Bumi atau mengontak pihak tertentu melalui kontak antariksa ke Bumi.

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

Nah, ada kejadian mengejutkan saat astronaut salah memencet nomor tujuan yang ingin dikontak. Bagaimana jadinya saat astronaut salah mengontak nomor telepon dan malah menghubungi kontak darurat 911. 

Dikutip dari Futurism, Kamis 3 Januari 2019, kejadian itu melanda astronaut asal Belanda, Andre Kuipers. Dia mengungkapkan pernah mengontak nomor darurat 911 secara tak sengaja. Padahal waktu itu, Kuipers sedang menjalankan misi di Stasiun Antariksa Internasional dan sedang mengorbit Bumi. 

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

"Jika kamu sedang di antariksa dan ingin melakukan kontak melalui Houston (pusat kendali misi antariksa, Johnson Space Center di Houston), pertama-tama kamu memencet nomor 9 untuk kode luar dan kemudian pencet nomor 011 untuk kode internasional," kata Kuipers dalam siaran Nederlandse Omroep Stichting belum lama ini. 

Nah, waktu itu Kuipers mengaku salah memencet nomor dan secara tak terduga mengontak 911.

Hidup Astronot Terancam

"Saya membuat kesalahan. Dan di hari berikutnya saya mendapat pesan email: apakah kamu memanggil 911?" tuturnya. 

Kuiper ternyata bukan satu-satunya astronaut yang salah melakukan panggilan saat menjalankan misi di antariksa. Pada 2015, astronaut pertama Inggris, Tim Peake juga melakukan kesalahan panggilan. 

Kala itu dia malah nyasar menghubungi wanita yang tak dikenalnya. Belakangan dia menyadari, salah memencet nomor panggil dalam kontak. 

Makanya Peake kemudian memosting status di Twitter atas kesalahan tersebut dan memohon maaf kepada wanita yang mungkin kaget telah dihubungi dari luar angkasa. 

(ali)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya