Kenalan Sama 3 Planet Baru Temuan NASA

Exoplanet baru.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Misi penyelidikan luar angkasa NASA dikabarkan menemukan tiga planet baru di luar tata surya kita. Misi tersebut dijalankan pada wahana Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) yang diluncurkan pada April 2018 lalu.
 
Ketiga planet yang ditemukan, salah satunya diberi nama HD 21749b. Ia mengorbit bintang kerdil di rasi Reticulum dalam 53 tahun cahaya.

6 Jenderal Polisi Bintang 4 yang Berasal dari Jawa Tengah, Siapa Saja?

Sedangkan dua lainnya, yaitu Pi Mensae b, super-Bumi dengan orbit 6,3 hari, dan LHS 3844b, planet berbatu yang melaju mengelilingi bintangnya dalam periode 11 jam.

Dilansir dari The Verge, ketiga planet itu ditemukan dalam tiga bulan pertama pengamatan TESS. Mereka kemungkinan memiliki suhu sekitar 300 derajat Fahrenheit - relatif dingin, mengingat kedekatan dengan bintangnya, yang hampir seterang matahari.

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Ilustrasi artistik penemuan planet baru oleh TESS. Sumber: NASA
Kronologi Penemuan Pria Tewas di Dalam Freezer Mobil Es Krim

"Ini adalah planet kecil paling keren yang kita kenal di sekitar bintang seterang ini," kata Diana Dragomir dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) di AS, yang memimpin penemuan.

Penemuan planet baru tersebut diharapkan dapat menambah perspektif dalam mempelajari dunia secara lebih luas.

TESS merupakan satelit seukuran kulkas, milik NASA, yang menjadi penerus Kepler. Kepler sendiri telah mencapai hampir 100 juta mil dari Bumi dan menemukan ribuan planet luar angkasa yang jauh.

Kepler kehabisan bahan bakar pada Oktober, tepat setelah misi TESS mulai berjalan lancar. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya