Atom Cell, Kunci Rahasia dari Power Bank Seukuran Kartu Nama

Peluncuran power bank Acmic.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Teknologi atom cell yang tertanam di dalam dua power bank baru buatan Acmic, C5 dan D10, adalah kunci rahasia dari keunggulannya. Berkat teknologi ini, kedua power bank mengantongi kapasitas besar meski berukuran kecil sebesar kartu nama.

A Power Bank Explodes on AirAsia Flight in Thailand

Power bank Acmic C5 memiliki kapasitas 5.000mAh dan D10 berkapasitas 10.000mAh. Chief Executive Officer PT Satu Pro Global Niaga, Heri Hertanto mengatakan, atom cell mampu mengkompres ukuran baterai, sehingga membuang komponen yang tidak penting.

Dengan demikian, ukuran power bank menjadi 30 persen lebih kecil dibanding perangkat yang sama pada umumnya. "Ini merupakan teknologi baru dan Acmic yang menjadi pelopor," kata dia di Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.

Mencekam! Power Bank Meledak di Pesawat AirAsia, Menteri Thailand Ikut Panik

Menurutnya, di dunia power bank ada dua jenis baterai, lithium polymer dan lithium ion. Heri menerangkan, khusus lithium ion, cenderung memiliki risiko yang besar. Jika overcharge, maka baterai bisa meledak dan menimbulkan percikan api.

Hal ini berbeda dengan lithium polymer yang hanya menimbulkan asap. Kemudian, lithium ion memiliki bentuk seperti tabung, sedangkan lithium polymer memiliki bentuk yang tipis, sehingga ukurannya jauh lebih kecil.

Harga Power Bank Ini Rp5 Jutaan, Bisa untuk Microwave

"Untuk itulah lithium polymer banyak digunakan. Masyarakat kita juga maunya kapasitas besar. Kami sediakan tapi dengan bentuk yang mini. Power bank seperti ini akan jadi tren ke depannya," tegas Heri.

Ia juga mengklaim bahwa perusahaannya memakai lithium polymer terbaik yang ada di pasaran, karena statusnya sebagai penyedia power bank premium.

Power bank Acmic D10 dibanderol Rp300 ribu, sedangkan Acmic C5 seharga Rp200 ribu. Keduanya bisa didapatkan di e-commerce Tokopedia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya