Programmer Cilik Indonesia yang Mendunia Ingin Diskusi dengan Jokowi

Programmer Yuma Soerianto
Sumber :
  • Twitter/@yumaSoerianto

VIVA – Indonesia memiliki tiga anak yang jago dalam bidang teknologi. Ada Yuma Soerianto (12), dan kakak beradik Syahrozad Zalfa Nadia (12) serta Avicenna Roghid Putra (8). Dalam kesehariannya, ketiga bocah itu masih bermain seperti anak seusianya. 

PKB Tepis Spekulasi soal Titipan Salam dari Jokowi kepada Cak Imin sebagai Godaan

Syahrozad mengaku bermain bersama sang adik sambil mengerjakan karya robotnya. Keduanya berkolaborasi membuat lima robot sejauh ini. "Mainnya sama adek juga, tetap bisa main. Main sama teman cuma di sekolah. Jarang keluar-keluar enggak suka juga," kata Syahrozad, di Gedung Tokopedia, Jakarta, Sabtu 19 Januari 2019. 

Senada, Yuma mengatakan dia masih bisa berkegiatan untuk mengisi waktu luangnya. Programmer iOS itu mengaku bermain game dan menonton video streaming di internet.  Namun dia mengatakan, waktu bermainnya memang tidak terlalu banyak. 

Airlangga Sebut Belum Ada Pembicaraan soal Jokowi Bakal Pimpin Koalisi Besar

"Aku tidak melakukan coding setiap hari. Saya bermain juga, meski pun waktunya enggak banyak. Saya main video game, nonton YouTube juga," ujarnya. 

Yuma mengatakan, orang-orang di sekitarnya, yakni orangtua, guru dan teman-temannya, sangat mendukung kegiatan coding dan menghasilkan aplikasi yang dilakukannya. 

Airlangga soal 5 Jatah Menteri Wajar, Pakar: Prabowo Akan Berpikir Agar Golkar Nyaman

Yuma mengatakan, teman-temannya sangat terkesan dengan apa yang dilakukannya. Hal yang mengesankan dari Yuma yakni menghasilkan 8 aplikasi di iOS. Dia juga telah memenangkan sejumlah penghargaan termasuk dua kali memenangkan Worlwide Developers Conference Scholarship. Bahkan Yuma dipuji oleh bos Apple.  

Tiga anak berbakat teknologi dalam acara Tokopedia

Syahrozad juga mengatakan hal yang sama. Teman-temannya sering menanyakan mengenai kegiatannya membuat robot. "Kadang-kadang suka tanya-tanya tentang itu. Karena emang baik juga kan (membuat robot)" kata dia. 

Dia mengaku telah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan menceritakan mengenai robot yang dibuatnya. 

Sedangkan Yuma memiliki keinginan untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

"Ingin menunjukkan aplikasi dan ngobrol-ngobrol sama beliau," ujar dia. (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya