Kenapa Cincin Ajaib Ahok Bisa Nyala, Pakar Bicara Faktanya

Ahok menunjukkan cincin ajaib kepada anaknya Nicholas Sean
Sumber :
  • YouTube/Panggil Saya BTP

VIVA – Keluar dari penjara, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tidak berlama-lama berdiam diri. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu langsung menyapa pendukung dan masyarakat lewat vlog di saluran YouTube miliknya, 'Panggil Saya BTP'. 

Duga Ada Kejanggalan, Anak Pasutri Korban Pembunuhan Kejam di Tulungagung Minta Tolong Hotman Paris

Dalam vlog tersebut, Ahok bercerita kepada anaknya, Nicholas Sean tentang apa saja yang dialaminya di balik jeruji besi. Salah satunya Ahok menunjukkan cincin atau batu akik merah delima yang dia sebut sebagai cincin ajaib. Sebab, batu cincin tersebut menyala saat diolesi dengan air mineral. Ahok memamerkannya ke Nicholas.

Nicholas yang melihatnya kaget, batu cincin bisa menyala. Nicholas diam sesaat dan kemudian menduga batu akik itu menyala karena ada baterainya. 

Batu Akik Paling Langka hingga Pakar Khawatirkan Varian Deltacron

Ahok tertawa. Dan menegaskan, batu akik itu menyala bukan karena baterai. Ahok menjelaskan batu cincin itu merupakan pinjaman dari Ketua DPD Osman Sapta Odang. Ahok mendapat informasi, batu yang dipinjamkan kepadanya itu adalah jenis batu merah delima atau rubi. Batu itu, kata Ahok, berasal dari Afrika. 

Cincin ajaib itu menarik perhatian warganet, salah satunya ahli batu permata atau gemologis CGL Lab Gem Jakarta Timur, Zulham Effendi. Dia berpendapat, batu cincin yang dipamerkan Ahok dalam vlog bukan batu asli dari alam. 

5 Batu Akik Paling Langka dan Mahal di Dunia

"Batu rubi tidak ada kemampuan menyala. Itu bukan batu asli, buatan. Di dalamnya ada elemen listrik," jelasnya kepada VIVA, Jumat malam 25 Januari 2019.

Zulham mengatakan batu rubi masuk dalam keluarga mineral korundum atau aluminium florida. Warnanya yang merah disebabkan kromium. Namanya berasal dari isi buah delima yang berwarna merah. 

Dia menjelaskan, jika terkena air reaksinya tidak akan menyala. Hal yang terjadi biasa saja tidak ada pengaruh. 

Penjelasan Zulham diamini penghobi batu akik, Putra. Menurutnya, batu alam tidak akan menunjukkan kemampuan menyala seperti yang dipamerkan Ahok. Menyalanya dengan cara lain. 

"Kalau batu asli (dari alam) itu akan menyala atau bersinar bila terkena cahaya lampu atau sinar matahari. jadi dipastikan cincin yang dipakai Ahok itu bukan murni batu," ujar pria yang hobi batu akik sejak SMP itu.  

Putra menduga, cincin ajaib yang dibawa Ahok itu adalah batu masakan atau batu buatan, bisa juga kemungkinan adalah obsidian atau lahar gunung yang mendingin ratusan tahun dan menjadi batu. 

Putra mengatakan, ada jenis batu akik atau batu cincin yang menyala saat di tempat gelap. Namun jenis ini bukan batu murni dari batu alam. Jenis yang menyala di tempat gelap merupakan pospor, wujudnya bukan batu walau keras seperti batu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya