7 Tips Aman Hindari Petir, Jauhi Pohon dan Kolam renang

Petir Aktivitas Erupsi Gunung Anak Krakatau
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Beberapa wilayah di Indonesia sudah mengalami musim hujan. Pada musim basah ini, saat hujan kadang disertai petir. Kilatan dari awan atau langit terbilang berbahaya. Sebab saat menyambar udara, petir bisa menghasilkan energi 30 ribu derajat Celsius. Kadang sambaran petir menghasilkan gelegar guntur yang biasa mengagetkan kita.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merilis tips untuk menghindari petir. Perhatikan baik-baik ya supaya bisa diterapkan dengan tepat. Berikut tipsnya dikutip dari laman BMKG, Rabu 30 Januari 2019:

Segera masuk ruangan

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Biasanya petir datang tiba-tiba tanpa terduga dan guntur membuat kita sangat kaget. Jika kamu menyadari petir muncul saat berada di luar gedung atau rumah, sebaiknya segera masuk ke dalam ruangan atau mobil.   

Jangan di bawah pohon

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Ada beberapa orang yang meyakini berlindung di bawah pohon adalah langkah yang aman untuk menghindari petir. Tapi jangan salah ternyata langkah ini tidak disarankan. BMKG meminta sebaiknya jangan berlindung di bawah pohon, sebab pohon yang tersambar petir energinya dapat melompat ke tubuh. 

Jangan di tanah lapang

Untuk terhindar dari petir, jangan menantang dengan berada di area lapang misalnya sawah, lapangan atau taman. Sebab petir mencari tanah untuk melepaskan energinya. 

Menjauh dari kolam renang

Ada kalanya saat kita sedang asyik renang atau di kolam renang, petir muncul. Jika ini terjadi, segeralah naik dan menjauh dari kolam renang. Sebab petir dapat menghantarkan energi ke air. 

Jauhi menara dan tiang listrik

Kenapa hal ini harus dihindari. Sebab petir akan menjangkau atau menyambar sesuatu yang tinggi. Makanya jauhi tiang listrik, menara dan lainnya ya. 

Jangan kebut motor

Penting dicatat dan diingat, jika petir terjadi saat kamu sedang mengendarai motor, jangan malah tambah kebut kendaraan kamu. Langkah yang tepat adalah segeralah berhenti dan cari tempat untuk berlindung ya. 

Jaga jarak dengan orang sekitar

Sekilas apa hubungannya menghindari petir dengan menjaga jarak dengan orang lain. Kalau kamu sedang di luar ruangan saat petir terjadi, sebaiknya atur jarak sekitar 3-5 meter dengan orang lain di sekitar kamu. Langkah ini punya maksud, yakni terhindar dari lontaran energi saat muncul petir. (ali)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya