Objek Aneh dan Misterius Melayang di Atas Bumi, Astronom Bingung

Objek aneh dan misterius melayang di atas Bumi
Sumber :
  • Dokumen Northolt Branch Observatories

VIVA – Astronom pusing dan bingung dengan objek misterius yang melayang di atas Bumi. Satelit antariksa mendeteksi objek misterius itu punya pola gerakan yang aneh yakni orbitnya elips, kadang-kadang objek ini muncul dengan jarak dekat, 600 kilometer dari Bumi, tapi objek itu juga berputar-putar menjauh dari Bulan. Astronom menjadi bingung. 

Erick Thohir Pastikan Seluruh Aset BUMN Dilindungi TNI

Dikutip dari laman Independent, Kamis 31 Januari 2019, dari pengamatan satelit, astronom memperkirakan objek aneh dan misterius ini berukuran beberapa meter namun sangat ringan.

Objek aneh dan misterius ini pertama kali terdeteksi oleh teleskop Asteroid Terrestrial-impact Last Alert System (ATLAS) yang berlokasi di Hawaii, Amerika Serikat.

Intip Peluncuran Rudal Balistik di Teluk Benggala, Kapal China Dipelototi AL India

Astronom menduga, objek yang memiliki karakter ringan itu adalah kertas logam yang terlepas dari peluncuran roket. Namun dugaan ini belum terkonfirmasi, sebab belum ada laporan adanya masalah dalam peluncuran roket. 

Mengingat ukurannya yang mini, objek aneh dan misterius itu sangat rentan dengan tekanan radiasi Matahari. 
 
Laboratorium pengamatan berbasis di London, Northolt Branch Observatories (NBO) menganalisis, orbit objek misterius dan aneh itu berpotensi kacau dalam skala harian sampai mingguan. 

Diklaim Presisi dalam Pengamatan Hilal, Maroko Sebut 1 Ramadhan 2024 Jatuh pada 12 Maret

Analisis lebih lanjut dari NBO menegaskan, objek ini sangat ringan tapi relatif lebar dan orbitnya bikin bingung astronom karena saking anehnya. 

Astronom juga memperkirakan objek tersebut bisa saja terus terbang melayang di sekitar Bumi atau kembali ke atmosfer Bumi dalam beberapa bulan ke depan. 

Menurut data, objek ringan bukan kali ini terdeteksi. Sebelumnya sudah ada objek ringan seperti kantong sampah kosong yang terlihat. Namun penampakan terakhir ini terlihat berbeda, objek aneh dan misterius itu merupakan yang pertama terlihat dengan detail melayang pada orbit yang terbilang jauh. (ali)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya