Logo BBC

Robot Israel Terbang ke Bulan Numpang Satelit Indonesia

Tim tidak dapat memenuhi sasaran XPRIZE bulan. - Reuters
Tim tidak dapat memenuhi sasaran XPRIZE bulan. - Reuters
Sumber :
  • bbc

VIVA - Israel akan meluncurkan usaha pertamanya untuk mendarat di Bulan lewat robot Beresheet, sebuah usaha yang didanai swasta dengan tujuan mendarat dan menjelajah daratan bulan.

Ini dipandang sebagai sebuah usaha yang penuh tantangan karena hanya badan pemerintah Amerika Serikat, Rusia dan Cina yang sebelumnya berhasil mendarat.

Beresheet setinggi 1,5m dengan berat 585 kg akan memulai misinya dengan mengorbit Bumi pada roket SpaceX Falcon 9 yang diluncurkan dari Cape Canaveral di Florida.

Begitu dilepaskan dari kendaraan ini, robot kemudian akan menggunakan mesin buatan Inggris menuju Bulan. Perjalanan ini akan memakan waktu lebih dua bulan.

SpaceIL, badan nirlaba di belakang proyek ini berharap Beresheet (yang berarti "Pada awalnya" dalam bahasa Ibrani) akan menjadi sumber inspirasi bagi semua pihak yang mengikuti jejaknya.

"Dengan melakukan apa yang kami kerjakan dan mencapainya dengan sumber daya terbatas yang kami miliki, serta keterbatasan pendanaan kami - saya pikir kami telah menunjukkan kecerdikan Israel," kata pendana utama dan pimpinan SpaceIL, Morris Kahn.

"Kami telah memperlihatkan inisiatif dan mengembangkan teknologi, yang saya pikir akan menjadi penting. Saya pikir kita memang harus membawa Israel ke angkasa luar," katanya kepada para wartawan hari Senin.