Masih di Awang-awang, Donald Trump Minta Amerika Pakai Teknologi 6G

Presiden AS Donald Trump.
Sumber :
  • Twitter.com/@realDonaldTrump

VIVA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump baru-baru ini mendesak operator nirkabel untuk menggelar jaringan 5G dan '6G' sesegera mungkin. Nampaknya Trump  mengabaikan fakta bahwa teknologi 6G belum tersedia.

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya

"Saya ingin 5G, bahkan teknologi 6G di Amerika Serikat sesegera mungkin. Itu jauh lebih kuat, lebih cepat dan lebih pintar dari standar saat ini. Perusahaan-perusahaan Amerika harus meningkatkan upaya mereka, atau tertinggal," tulis Trump dalam tweet-nya pada Kamis, 21 Februari.

Dikutip melalui laman Ars Technica, Jumat, 22 Februari 2019, Trump juga ingin AS menang melalui persaingan, bukan malah menghalangi teknologi yang lebih maju. Ia ingin negaranya selalu menjadi pemimpin dalam segala hal, terutama di bidang teknologi yang selalu sangat menarik.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Nobar Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

Beberapa waktu belakangan ini, perusahaan di AS sudah merencanakan penyebaran jaringan 5G di beberapa kota. Terlebih mengenai 6G, setiap generasi nirkabel baru membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa dikerahkan. Sedangkan 6G masih di tahap pertumbuhan.

International Telecommunication Union (ITU) saat ini memiliki kelompok kerja yang mempelajari seperti apa dunia 6G. Grup tersebut memiliki nama Network 2030, ini artinya masih banyak hal yang harus mereka kerjakan. Sementara itu, Ketua Jaringan 2030 dan Kepala Ilmuwan Huawei, Richard Li mengatakan bahwa jaringan 6G belum memiliki definisi.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Sementara itu, kelompok UC Santa Barbara tengah meneliti teknologi baru, yang diklaim akan menjadi dasar 6G. Kemudian ada Qualcomm yang sudah memikirkan 6G sejak 2017, namun kemampuan dan waktu lahirnya 6G masih sebatas spekulasi.

Sementara itu IoT Times pada Juni 2018 mengatakan bahwa kita setidaknya harus menunggu hingga 10 tahun sebelum bisa melihat spesifikasi 6G secara resmi. 

Kemenkominfo mengadakan Talkshow

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan talkshow chip in “Etika Pelajar di Dunia Digital” dalam rangka meningkatkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024