Logo BBC

Ternyata Tanaman Berbicara Logat Kedaerahan sampai Bisikan China

If trees could talk... - Getty Images
If trees could talk... - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Bagaimana jika ternyata Anda telah melakukan kesalahan ketika memakan tanaman? Bagaimana jika ilmuwan mengatakan kepada Anda bahwa tanaman memiliki kemampuan mengingat?

Pembawa acara BBC dan ahli botani, James Wong menemukan tanaman bukan hanya sekadar mahluk pasif yang berakar di satu tempat. Mereka mampu melakukan berbagai hal yang sebelumnya dipikirkan hanya dapat dilakukan binatang atau bahkan hanya oleh manusia.

Menurut penelitian yang dilakukan ilmuwan dunia, tanaman dapat merasakan apa yang terjadi di sekitarnya - dan tidak hanya itu.

Kini, ada bukti bahwa tanaman melakukan komunikasi rumit di antara mereka, mempelajari hal baru, mengambil keputusan dan bahkan mengingat informasi.

Akibatnya, sebagian ahli botani memandang sejumlah tanaman sebagai mahluk cerdas.

Inilah yang diketahui generasi baru ahli botani:

1. Tanaman berkomunikasi lewat bau


Saya memberitahukannya kepada Anda, demikian komunikasi dari satu pohon almond ke sesamanya. - Getty Images

Tanaman dapat berkomunikasi lewat produksi bau yang dinamakan senyawa organik volatile lewat udara.

Bau ini diterima bagian lain tanaman yang sama - atau tanaman tetangganya - yang kemudian bereaksi, misalnya mengubah pertahanan untuk melindungi diri mereka agar tidak dimakan serangga.

Bisa dikatakan bahwa saat selembar daun dimakan ulat: tanaman mengeluarkan bau peringatan, yang ditangkap daun terdekat dan beraksi dengan mengeluarkan senyawa lain untuk mengusir serangga atau menarik pemangsa seperti burung atau lebah untuk memakan ulat.

2. Semak sagebrush memiliki dialek kedaerahan