Kominfo Siapkan Rp140 Miliar untuk Beasiswa Digital Talent 2019

Menkominfo Rudiantara.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Dalam upaya meningkatkan pendidikan vokasi dan sumber daya manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan program beasiswa Digital Talent 2019 dengan anggaran mencapai Rp140 miliar.

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Menkominfo Rudiantara menjelaskan, program yang digagas pihaknya bersama Kemenristek Dikti itu akan menyasar para lulusan SMK, D3, dan S1, dengan batasan umur di bawah 29 tahun.

"Program pelatihan itu akan kita selenggarakan selama dua bulan, di 29 perguruan tinggi dan 22 politeknik seluruh Indonesia," kata Rudiantara di kantornya, kawasan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa 12 Maret 2019.

Revisi UU ITE Disahkan, Privy Siap Amankan Transaksi Keuangan Digital

Kebutuhan anggaran Rp140 miliar itu nantinya akan dialokasikan untuk kepentingan penyewaan tempat di sejumlah perguruan tinggi, serta tenaga pengajarnya. Melalui pembentukan ekosistem semacam ini, Rudi memastikan jika para peserta nantinya akan langsung dihubungkan dengan pihak atau platform-platform yang membutuhkan tenaga mereka.

"Jadi nanti setelah lulus (program), para pesertanya akan kita hubungkan dengan platform-platform perusahaan yang tengah mencari digital talent. Jadi kami bukan hanya melatih, tapi mencarikan pekerjaan juga," kata Rudiantara.

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

Dia menjelaskan, menurut data World Bank, saat ini kebutuhan digital talent skill di Indonesia mencapai sebanyak 600 ribu orang. Diharapkan, program Digital Talent 2019 ini akan mampu menghasilkan sekitar 20 ribu orang tersertifikasi dan siap kerja, guna memenuhi sebagian kebutuhan tersebut.

Rudiantara pun mengaku akan berkoordinasi dengan pihak Kemenristek Dikti, agar besarnya kebutuhan tenaga kerja di bidang digital technology ini bisa terpenuhi oleh para anak bangsa tanpa harus mempekerjakan tenaga kerja asing.

"Saya pernah bicara dengan pihak Google, bagaimana menutupi masalah kurangnya SDM di bidang digital. Mereka bilang mungkin kita rekrut dari luar negeri. Saya bilang tidak, program ini kan justru berangkat dari sana," ujarnya.

Diketahui, program beasiswa Digital Talent 2019 ini menyediakan kesempatan untuk delapan jenis bidang pelatihan. Yakni bidang Graphic Design and Animation, Big Data Analytics, Artificial Intelligence, Programming and Coding, Cyber Security, Machine Learning, Digital Policy and Cloud Computing, dan Internet of Things.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya