Indosat: Layanan SMS Stagnan, Tapi Bakal Tetap Ada

Update jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo
Sumber :
  • Dokumen Indosat Ooredoo

VIVA – Indosat Ooredoo sedang mengembangkan jaringan 4G plus secara masif. Meski demikian, perusahaan telekomunikasi ini tak serta-merta melupakan jaringan lainnya. 

Indosat Sudah Satu Langkah Lebih Dekat

Diakui Div. Head Sumatera Field Engineer Indosat, Selo Purnomo, walaupun Indosat menjadikan data sebagai prioritas utama, namun tidak akan meninggalkan dua layanan lain. Karena pihak Indosat juga masih menjaga layanan panggilan suara message dan SMS juga. 

"3G masih kita maintain, kok. Artinya gini. Indosat ke depan tidak akan melupakan voice dan SMS," ujarnya di Padang, Sumatera Barat, Kamis, 25 April 2019. "Sayang sekali kalau kita masih maintain jaringan terus kita lewatin," imbuh Selo. 

Persiapan Indosat Menyambut Ramadan

Namun memang diakui Selo, jika pertumbuhan SMS per tahun cenderung stagnan. Dulu sempat tinggi karena ada layanan broadcast pesan, cukup sekali kirim bisa diterima oleh banyak kontak.

Yang mengalami peningkatan adalah paket data internet. Ini terjadi dimulai saat sosial media mulai booming, kemudian platform layanan pesan seperti BBM dan WhatsApp kian banyak digunakan.

Indosat Bawa Oleh-oleh dari Barcelona

"Begitu ada WhatsApp, BBM bisa broadcast, bisa kirim gambar, video, ya, orang beralih," ujar Selo. 

Panggilan suara juga mengalami hal yang sama, pertumbuhannya tidak terlalu signifikan, termasuk saat Lebaran dan Ramadhan. 

"Tetep pasti ada orang telepon, kalau bicara harian pasti ada kenaikan. Tapi apa signifikan? Enggak terlalu," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya