Ada Patung Kecil di Bulan, Sejarahnya Bikin Terharu

Fallen Astronaut
Sumber :

VIVA – Di atas permukaan Bulan terdapat sebuah patung aluminium dan plakat bertuliskan sederet nama. Patung mungil berukuran 8,5 cm itu disebut Fallen Astronaut, ditempatkan oleh komandan Apollo 15, David Scott, pada 1 Agustus 1971, untuk memeringati semua orang yang telah meninggal demi memajukan eksplorasi luar angkasa

Korban Meninggal Kecelakaan Bus Rosalia Indah Bertambah Satu Orang, Ini Identitasnya

Di atas plakat, tertulis daftar 14 astronaut dan kosmonot dari Amerika dan Uni Soviet yang telah meninggal dunia. Adapun desainer patung tersebut adalah Paul van Hoeydonck, seorang seniman Belgia, yang bertemu David Scott di sebuah pesta makan malam.

Hoeydonck diberi seperangkat spesifikasi desain. Ia diminta membuat patung yang ringan tetapi kokoh, mampu menahan suhu ekstrem Bulan, unisex (tidak dapat diidentifikasi sebagai laki-laki atau perempuan) dan tidak merepresentasikan kelompok etnis tertentu.

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Diceritakan Science Alert, Senin, 29 April 2019, proyek membuat monumen luar angkasa itu dibuat secara rahasia. Baru setelah Apollo 15 mendarat dengan selamat di Bumi, keberadaan patung itu terungkap.

Tetapi kemudian, Van Hoeydonck mengklaim bahwa dia tidak tahu bahwa patung itu akan digunakan untuk mengenang pengorbanan para astronot, dan tidak menyetujui nama Fallen Astronaut, serta bahkan tidak berniat membiarkan patung itu berbaring di Bulan. Kontroversi antara seniman dan NASA pun terjadi.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Namun, terlepas dari versi cerita yang berbeda dari Van Hoeydonck tersebut, patung dan plakat telah dibaringkan di Bulan, tepatnya di suatu tempat yang diberi nama Hadley Rille. Di jarak 384.000 km di atas Bumi, Fallen Astronaut menjadi saksi pengorbanan awak luar angkasa yang gugur saat menjalan tugas. (ann)

Keluarga melepas kepergian personel Polda Banten yang gugur . (Dokumentasi Polda Banten)

Innalillahi, Personel Polda Banten Gugur Usai Jaga Jalur Wisata Anyer

Personel Polda Banten Gugur Usai Jaga Jalur Wisata Anyer .

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024