Tak Perlu Tambah BTS, Indosat Siap Hadapi Lonjakan Data saat Lebaran

Kartu perdana Indosat Ooredoo.
Sumber :
  • VIVA/Amal Nur Ngazis

VIVA – Indosat Ooredoo tak terlalu memprioritaskan penggunaan Mobile BTS (Base Transceiver Station) saat Lebaran nanti. Alasannya karena kapasitas Indosat sudah ditingkatkan dua kali lipat. 

Respons Gibran Soal Indosat dan Nvidia Akan Bangun Pusat Pengembangan Kecerdasan Buatan di Solo

"Konsepnya sudah tidak mengandalkan mobile BTS lagi sekarang, karena di semua wilayah kita sudah dua kali kapasitasnya," kata Group Head Network Strategy, Architecture, and Solution Indosat Ooredoo, Kustanto, di kantor Indosat Ooredoo, Senin, 29 April 2019. 

Namun pihak Indosat Ooredoo tetap menyiapkan Mobile BTS sebanyak 100 buah. Disediakan jika permintaan (demand) melebihi kapasitas yang ada. 

Pusat Komando Diaktifkan, 2 Ribu Petugas Dikerahkan

Indosat sendiri menyiapkan kapasitas hingga 18,4 pentabyte per hari untuk Ramadhan dan Lebaran 2019. Kustanto mengatakan pihaknya memprediksi akan ada trafik 9,3 pentabyte per harinya. 

Kenaikan itu berkisar 15 hingga 20 persen dari hari biasanya. Kustanto mengatakan bahwa MBTS akan dikeluarkan jika membutuhkan tambahan. Tapi dia juga meyakini bahwa bisa memfasilitasi lonjakan data nantinya. 

Indosat dan Nvidia Siap Bangun Pusat Kecerdasan Buatan di Solo

"MBTS disediakan kalau dari kapasitas yang disediakan demand jauh melebihi yang ada," ujarnya. 

Indosat Ooredoo sendiri sedang melakukan peningkatan masif dari segi infrastruktur. Mereka akan membangun tambahan total 18 ribu BTS 4G. 

"Kalau 18 ribu di mana-mana tergantung kebutuhannya," tutur Kustanto. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya