Logo WARTAEKONOMI

2024, Jeff Bezos Kirim Manusia dan Barang ke Bulan

2024, Jeff Bezos Mau Kirim Manusia dan Barang ke Bulan Via Blue Moon. (FOTO: BBC)
2024, Jeff Bezos Mau Kirim Manusia dan Barang ke Bulan Via Blue Moon. (FOTO: BBC)
Sumber :
  • wartaekonomi

Jeff Bezos, pendiri perusahaan Amazon itu memiliki ambisi untuk mengirimkan barang atau manusia ke Bulan pada 2024 mendatang. Di pusat konvensi, Washington, dirinya menjelaskan tentang desain wahana pendarat di bulan yang diproduksi oleh perusahaan roket Blue Origin, bernama Boom.

Blue Boom memiliki tinggi dua lantai. Harapnya, “Kelak Blue Moon bisa mengangkut kargo ke permukaan Bulan,” kata Bezos di depan para hadirin, termasuk para pejabat NASA dan pembeli potensial Blue Moon, seperti yang dikutip dari Reuters.

Perkenalan Blue Moon itu menyusul pengumuman yang diungkapkan Wakil Presiden Mike Pence pada 26 Maret lalu bahwa NASA berencana membangun platform antariksa di orbit bulan.

Pence juga berencana mengirim astronaut AS ke kutub selatan Bulan pada 2024 dengan segala wahana yang memungkinkan. ”Saya juga ini (jadwal pengiriman astronaut),” kata Bezos.

Dia memuji jadwal yang diumumkan Pence. ”Kita bisa memenuhi jadwal itu karena kita memulainya tiga tahun lalu. Saatnya kembali ke Bulan,” kata miliarder yang kerap mendapatkan kritik dari Presiden AS Donald Trump sebagai Jeff ”Bozo” karena Washington Post yang dimiliki Bezos kerap .

Dalam ambisi penjelajahan ke Bulan, hubungan keduanya Trump dan Bezos sangat harmonis. Pada 2017 Trump menegaskan bahwa prioritas utama AS adalah mewujudkan program antariksa ke Bulan.

Dia mengungkapkan misi pengiriman astronot ke bulan akan membangun pondasi petualangan untuk mengirimkan manusia ke Mars. Jika Trump kembali terpilih pada pemilu presiden tahun depan, dia bisa mewujudkan program tersebut.