Hari Ini 9 Tahun Lalu, Transaksi Pakai Bitcoin untuk Pertama Kali

Mining bitcoin.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tahukah kamu jika 22 Mei 2010 sebuah transaksi pertama dalam sejarah mata uang digital berhasil dilakukan. Kala itu, seseorang berhasil membeli pizza dan membayarnya dengan Bitcoin.

Miris! Menkominfo Sebut Transaksi Judi Online Capai Rp 327 T di 2023

Sejak saat itu hingga sekarang dirayakan sebagai Hari Pizza Bitcoin. Ini merupakan peringatan hari pertukaran Bitcoin pertama dengan sebuah barang fisik. Indonesia pun tidak akan ketinggalan ikut merayakannya.

Keterangan resmi dari Upbit, salah satu bursa kripto-aset di Indonesia, yang diterima VIVA, Rabu, 22 Mei 2019, menjelaskan jika pria yang menggunakan Bitcoin dalam transaksi pembelian pizza itu adalah Laszlo Hanyecz.

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Diskon Hingga Rp 800 Ribu, Bisa Buat Hadiah Lebaran

Ia menukarkan dua potongan pizza Papa John dengan 10 ribu Bitcoin, yang saat itu sama dengan harga US$41 atau Rp574 ribu (US$1 = Rp14 ribu).

Restoran Pizza Domino

6 Tips Dasar Bermain Cryptocurrency

"Pertukaran Bitcoin dengan barang fisik menjadi salah satu momen bersejarah bagi industri Blockchain. Untuk merayakan pertukaran bitcoin pertama dengan barang fisik tersebut, komunitas kripto internasional merayakan 22 Mei sebagai Hari Pizza Bitcoin. Di Indonesia, kami juga merayakan dengan kampanye Pizza Drop," ujar Alex Kim, CEO Upbit Asia-Pacific.

Nantinya, kata Alex, seribu pengguna pertama yang mentransfer 10 ribu Satoshi (0,0001 BTC) menggunakan Lightning Transfer dari Upbit Indonesia, BTC Wallet, ke alamat deposit upbit_pizzaday_2019, akan mendapatkan voucher Domino’s Pizza.

Setelah seribu pengguna mentransfer Satoshi pada periode 22 Mei 2019, pukul 18.30 hingga 26 Mei 2019 pukul 23.59, alamat deposit akan ditutup. Pengguna tidak akan dikenakan biaya transfer dan hanya dapat melakukannya satu kali.

Para pemenang Pizza Drop akan mendapatkan voucher Domino’s Pizza secara acak sebesar Rp50 ribu atau Rp100 ribu. Pengiriman kode voucher Pizza akan dilakukan pada tanggal 27 Mei 2019 melalui email pemenang. Para pengguna dapat memeriksa riwayat transaksi di fitur History.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya