Logo WARTAEKONOMI

Bagaimana Alur dan Cara Kerja VPN?

Apa Itu VPN?. (FOTO: msccv)
Apa Itu VPN?. (FOTO: msccv)
Sumber :
  • wartaekonomi

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan tertentu, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi.

Jika diartikan satu per satu, virtual merupakan hal yang tidak nyata atau semu, di dunia maya/internet. Lalu, definisi dari private adalah hal yang bersifat pribadi, tidak bisa diakses sembarang orang. Untuk menjaga kerahasiannya dari jaringan publik, maka semua data akan dienkripsi. Sedangkan network adalah jaringan koneksi yang saling terhubung.

Jadi, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, VPN ada hubungan atau koneksi yang terjadi secara virtual pada jaringan tertentu tanpa adanya koneksi nyata yang terenkripsi.

Konsep kerja VPN

Konsep kerja VPN pada dasarnya VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC. Untuk lebih jelasnya, alur yang bisa digambarkan kurang lebih, seperti:

Internet <--> VPN Server <--> VPN Client <--> Client. Bila digunakan untuk menghubungkan dua komputer secara privat dengan jaringan internet maka gambarannya:

Komputer A <--> VPN Client <--> Internet <--> VPN Server <--> VPN Client <--> Komputer B. Jadi, alur tersebut mengartikan bahwa semua koneksi diatur oleh VPN Server, sehingga dibutuhkan kemampuan VPN Server yang memadai agar koneksinya bisa lancar.