Tik Tok Bakal Bikin Smartphone Sendiri, Ini Keunggulannya

TikTok.
Sumber :
  • TikTok

VIVA – Perusahaan induk Tik Tok, ByteDance, kabarnya akan segera meluncurkan proyek baru, yaitu smartphone buatannya sendiri. 

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Melansir Mashable, Selasa, 28 Mei 2019, Financial Times melaporkan bahwa proyek baru tersebut dibocorkan oleh dua orang yang terlibat di dalamnya. Mereka mengatakan pada Senin lalu. 

Ponsel ini dikatakan bakal memiliki banyak aplikasi yang telah diinstal. Hal ini bertujuan untuk memikat pembeli dan menonjolkan sisi kelebihannya dibanding produk pesaing. 

Manipulasi Putusan MK soal Pilpres Lalu Diunggah di Tiktok, Pria di Riau Diciduk Polisi

Proyek ByteDance ini merupakan gagasan sang pendiri, yaitu Zhang Yiming, yang mengikuti akuisisi sejumlah paten dari Smartisan, pembuat perangkat telepon Tiongkok. Zhang dikatakan telah lama memimpikan telepon dengan aplikasi ByteDance yang sudah diinstal.

Apakah impian Zhang ini benar-benar terwujud adalah masalah lain. Di masa sebelumnya, Financial Times mencatat proyek telepon yang gagal dari dua raksasa teknologi lainnya, Amazon dan Facebook.  

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Selain itu, ByteDance menghadapi beberapa tantangan signifikan dalam skala global.  Tik Tok sempat dilarang di India, di mana aplikasi ini sangat populer.

Perang dagang yang sedang berlangsung antara AS dan Cina juga bisa menjadi penghalang bagi terwujudnya rencana itu. Hal ini karena ByteDance harus mendapatkan daya tarik di pasar telepon Amerika.

Apakah ByteDance dapat meniru kesuksesan aplikasi mereka di pasar perangkat keras masih harus dilihat, tapi itu terlihat seperti langkah yang sulit. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya