Kirim Sejoli ke Bulan, Butuh Biaya Sedikitnya Rp286 Triliun

Astronaut Alan Bean
Sumber :
  • NASA

VIVA – Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA telah mengumumkan ambisinya untuk mengirim kembali astronaut ke Bulan pada 2024. Dalam misi ini, NASA akan mengirimkan sejoli astronaut ke satelit Bumi tersebut. Namun badan antariksa itu mengeluhkan masih kekurangan biaya untuk memuluskan misi tersebut. 

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Dikutip dari situs Ubergizmo, Senin 17 Juni 2019, agensi itu merinci pendaratan manusia di satelit alami Bumi itu pada 2024 bisa menelan biaya hingga US$20-30 miliar atau sekitar Rp286-430 triliun. 

Administrator NASA, Jim Bridenstine dalam sebuah wawancara mengatakan, agensi membutuhkan dana untuk lima tahun ke depan dalam rangka pengiriman astronaut Amerika Serikat kembali ke Bulan. Anggaran awal yang ditaksir NASA yakni US$20 miliar, dengan demikian tiap tahun, NASA membutuhkan biaya US$6 miliar.

5 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Depok Termasuk?

Meski telah memperhitungkan, Bridenstine memperingatkan anggaran tersebut bukan angka final, karena misi penerbangan antariksa bukan cuma misi berbahaya tapi juga tak bisa diprediksi. Makanya menurut NASA, mereka butuh dana tambahan. Hal tersebut yang menjadi penyebab mengapa tidak mungkin bagi NASA untuk memberi perkiraan biaya yang akurat. 

Program NASA untuk kembali mendaratkan astronautnya ke Bukan merupakan Misi Artemis, namanya diambil dari mitologi Yunani. Agensi ingin kembali membawa manusia ke Bulan setelah 50 tahun. Mereka akan mengirim dua astronaut ke Bulan, termasuk wanita pertama yang akan menginjakkan kakinya di Bulan. (ren)

Yoon Bomi Apink Pacaran dengan Produser Rado Selama 7 Tahun
Ilustrasi asuransi.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Saat jalan raya semakin ramai dan kondisi berkendara semakin sulit, kemungkinan terjadinya tabrakan berpotensi meningkat. Asuransi dibutuhkan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024