Logo WARTAEKONOMI

Beda 'LInov dan RuKi', Laboratorium yang Diciptakan Facebook Indonesia

Setelah Libra, Facebook Kenalkan LInov, Apa Itu?. (FOTO: Facebook Indonesia).
Setelah Libra, Facebook Kenalkan LInov, Apa Itu?. (FOTO: Facebook Indonesia).
Sumber :
  • wartaekonomi

VIVAMedia sosial Facebook meresmikan laboratorium inovasi di Indonesia, ruang komunitas yang didesain sebagai wadah berkumpulnya komunitas Facebook secara luring (offline) bernama LInov, atau Lab Innovation Indonesia.

LInov jadi ruang komunitas kedua Facebook di Indonesia, setelah membuka Ruang Komunal Indonesia (RuKi) pada Mei 2018. Selama beroperasi, RuKi telah digunakan oleh 860 komunitas di wilayah Jabodetabek.

"Kami ingin menambahkan nilai kepada semua pengguna Facebook di Indonesia karena Indonesia salah satu negara dengan pengguna Facebook terbanyak di Asia Pasifik," ujar Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hattari di Jakarta, Senin (24/6/2019).

Menurutnya, yang membedakan LInov dan RuKi ada pada segmentasi komunitas. RuKi lebih diperuntukkan untuk komunitas apapun, berbasis teknologi ataupun tidak.

Sementara LInov lebih ditujukan kepada inovator, pengembang, dan para penggerak industri perusahaan teknologi dan startup.

Direktur Pengembangan Kemitraan dan Program Facebook Asia Pasifik, Virginia Yang, menyampaikan bahwa komunitas teknologi termasuk pelajar, pengembang produk startup, investor ataupun perusahaan teknologi.

Dua ruang komunitas itu merupakan bagian dari program Ekosistem Hub milik Facebook, khususnya di Indonesia. Di RuKi, program rutin yang telah dilaksanakan meliputi: Ngupi (Ngumpul di RuKi), Meja Makan (Mencari Jawaban Bersama Kawan-Kawan), dan kelas RuKi.