Telkom Rilis Oolean, Kembangkan Industri Game Lokal

Diskusi panel Oolean
Sumber :

VIVA – Industri game di Indonesia mengalami kenaikan pasar yang signifikan. Namun Asosiasi Game Indonesia atau AGI menyatakan, hanya 8 persen dari total pendapatan yang masuk ke perusahaan game Tanah Air, dan hanya 0,4 persen di antaranya yang merupakan pengembang lokal. 

Gamer Indonesia Diminta Hak Suaranya

Dikatakan naik signifikan karena sektor game terhitung dari 2013-2017, kenaikan per tahunnya mencapai 37,3 persen menurut GMGC Sea Mobile Report 2017. 

Sedangkan pada 2017, Indonesia mendapat besaran pendapatan yang mencapai US$879 juta dan diprediksi mencapai US$1 miliar pada 2019.

Begini Modus Pelecehan Seksual 11 Anak Lewat Game Free Fire

Atas potensinya itu, anak usaha Telkom Group, Melon, melakukan kemitraan dengan pengembang game lokal, Agate dalam merilis produk Oolean. Program ini akan fokus pada pengembangan ekosistem game lokal, seperti pengembangan platform, properti intelektual orisinil, dan membuat game yang bisa mendunia. 

"Ada tiga permasalahan di industri, seperti kurangnya investasi, jumlah perusahaan game dan talenta yang masih terbatas. Nama Oolean sendiri diambil dari bahasa Sunda 'ulin', yang artinya bermain," kata Kepala Eksekutif Agate, Arief Widhiyasa di Co-Hive 101, Jakarta Selatan, Rabu, 10 Juli 2019.

Bareskrim Tangkap Pelaku Pelecehan Seksual 11 Anak Via Game Free Fire

Oolean juga akan menjadi wadah inkubasi yang didukung oleh institusi pendidikan dan komunitas pengembangan game. Harapannya dengan adanya platform ini adalah kesempatan mengembangkan game lokal semakin terbuka lebar. 

"Industri gim di Indonesia tumbuh cepat, diprediksi jadi lima besar di dunia, tapi jangan sampai kita hanya sebagai pasar saja. 51 persen perusahaan Telkom merupakan milik pemerintah, kini kita menjadi industri kreatif. Kami sadar tidak bisa kerja sendiri, oleh karena itu kita mengajak Agate untuk menumbuhkan industri ini," kata SVP Media and Digital Business PT Telkom, Joddy Hernady. 

Agate sendiri berkontribusi dalam mengembangkan dan publikasi game, termasuk pengembangan teknologi serta membantu pembentukan dan berjalannya inkubator yang dibutuhkan untuk menumbuhkan market share perusahaan game lokal. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya