Demi Kirim Sejoli Manusia ke Bulan, NASA Reshuffle Pejabatnya

Eugene Cernan di permukaan Bulan
Sumber :
  • NASA

VIVA – Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA merombak struktur lembaga demi mempercepat misi kembali ke Bulan. NASA mencopot Kepala Program Eksplorasi Manusia William Gerstenmaier dari jabatannya. Keputusan ini selang beberapa bulan setelah Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence menantang NASA untuk mengirimkan sejoli astronaut ke Bulan dalam lima tahun ke depan. 

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Langkah menyingkirkan Gerstenmaier ini merupakan yang terbaru dalam beberapa perubahan eksekutif yang dilakukan NASA selama beberapa bulan terakhir. 

"Seperti yang Anda tahu, NASA telah diberikan tantangan untuk menempatkan perempuan pertama dan laki-laki berikutnya ke Bulan pada 2024, dengan fokus pada tujuan akhir mengirimkan manusia ke Mars," kata administrator NASA, Jim Bridenstine dilansir The Verge, Jumat 12 Juli 2019. 

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Bridenstine mengatakan untuk mengupayakan memenuhi tantangan, dia memutuskan untuk membuat perubahan dalam kursi kepemimpinan untuk Direktorat Misi Operasi dan Eksplorasi Manusia. 

Namun Gerstenmaier tidak keluar dari NASA. Dia dipindah untuk bekerja sebagai Penasehat Khusus untuk Wakil Administrator NASA. 

Cak Imin Bilang Tetap di Jalur Perubahan Bersama Anies Baswedan Untuk Jangka Panjang

Pemindahan ini membuat Gerstenmaier turun pangkat. Sebagai kepala divisi eksplorasi manusia, dia mengawasi banyak proyek terbesar di NASA untuk penerbangan luar angkasa berawak. Salah satunya operasi di International Space Station (ISS), pengembangan roket Space Launch System dan program Commercial Crew. 

Program terakhir merupakan inisiatif untuk meluncurkan astronaut ke ISS menggunakan wahana ruang angkasa komersial. 

Gerstenmaier akan digantikan oleh mantan pejabat astronaut dan agen NASA, Ken Bowersox. Sedangkan pegawai NASA lainnya, Bill Hill dipindahkan dari wakil administrator eksplorasi manusia ke posisi penasehat khusus lainnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya