Logo WARTAEKONOMI

Sukses Facebook Tak Lepas dari Tangan Dingin Eks Instruktur Aerobik

Super Woman di Balik Keberhasilan Facebook. (FOTO: Istimewa).
Super Woman di Balik Keberhasilan Facebook. (FOTO: Istimewa).
Sumber :
  • wartaekonomi

Sosok wanita dalam perusahaan raksasa mulai menunjukkan peningkatan. Sebagai salah satu contohnya adalah Sheryl Sandberg yang memiliki peran penting di Facebook.

Sandberg merupakan chief operating officer (COO) di perusahaan raksasa besutan Mark Zuckerberg tersebut. Ia memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengurus serta mengelola operasi bisnis perusahaan dengan fokus khusus pada ekspansi global.

Selain itu, perempuan berhidung mancung ini juga bertanggung jawab dalam pemasaran, penjualan, pengembangan bisnis dan sumber daya manusia.

Sebelum menjabat peran penting di Facebook, wanita lulusan Harvard University ini memulai kariernya di Bank Dunia yang menjadi asisten peneliti dari kepala ekonom Larry Summers.

Uniknya lagi sambil berkerja di Bank Dunia, Sandberg sempat-sempatnya menjadi instruktur kelas aerobik untuk menambah pundi-pundi keuangan.

Setelah mendapatkan gelar sarjana, ia ditunjuk oleh Larry Summers sebagai wakil sekretaris selama pemerintahan Presiden Bill Clinton. Ketika Summers beralih jabatan menjadi sekretaris perbendaharaan, Sandberg terus bekerja bersamanya sampai 2001.

Pada tahun itu, Sandberg pindah ke California untuk menjadi wakil presiden penjualan dan operasi online global di Google. Ia ditugaskan untuk mengurusi penjualan iklan dan berbagai produk, termasuk Google Books.