Cara Temukan HP Jika dalam Kondisi Silent

Ilustrasi aplikasi di ponsel pintar.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Saat lupa menaruh ponsel, cara yang umum dilakukan orang adalah menelepon nomornya dari ponsel lain. Setelah terdengar dering, ponsel tersebut menjadi lebih mudah dilacak sehingga dapat ditemukan. 

7 Rahasia Google

Akan tetapi bagaimana jika ponsel itu dalam keadaan silent atau diam? Berikut ini ada solusi mudah untuk menemukannya.

Kita dapat melacak ponsel dengan memanfaatkan Google Device Manager dari smartphone, tablet, maupun laptop untuk mengirim peringatan. Aplikasi Google ini mampu membuat ponsel berdering meski dalam pengaturan diam.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Perlu dicatat untuk menggunakan ini, pastikan ponsel kita sudah terpasang aplikasi Google Find My Device. Jika belum, dapat mengunduhnya di Play Store. 

Setelah ter-install, ikuti petunjuk log in dengan memasukkan email dan password. Nah, di sini aplikasi sudah dapat membaca model perangkat yang kita gunakan, artinya sudah terkoneksi. 

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Jika sewaktu-waktu kita mengalami kesulitan, misalnya lupa menaruh ponsel atau tertinggal di suatu tempat, aplikasi Google Find My Device juga akan menampilkan lokasinya secara real time

Cara melacaknya, gunakan laptop atau ponsel lain yang terkoneksi dengan akun Google-mu. Masuk ke aplikasi Google Find My Device, di sini ada tombol Play Sound. Tekan tombol itu untuk membuat ponsel berdering selama lima menit. 

Untuk mengakses fitur ini, kamu juga bisa memasukkan kata kunci Google Device Manager di kolom pencarian Google, dan kamu akan langsung diarahkan ke halaman Find My Device.

Google Find My Device

Selain bunyi dering, Google Find My Device juga memiliki fitur lain yang akan membantumu mengamankan ponsel ketika berada di tangan orang lain. Di kolom Secure Device, tersedia kotak dialog yang bisa kamu isi dengan pesan, dan di bawahnya kolom untuk nomor ponsel kamu yang hilang itu. Kemudian klik tombol Secure Device, pesanmu akan dikirim ke perangkat meski dalam kondisi terkunci pun dapat dibaca. 

Selain itu, ada juga pilihan Erase Device atau Hapus Data Ponsel. Jika kamu memilih ini, maka seluruh data akan hilang dan lokasi ponsel tak lagi dapat dilacak menggunakan Find My Device. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya