Foto Sulawesi dari Stasiun Luar Angkasa, Bikin Astronaut Terkesima

Foto Sulawesi dari stasiun luar angkasa internasional (ISS)
Sumber :
  • Instagram/@nasaearth

VIVA – Kru astronaut Expedition 59 yang bertugas di Stasiun Antariksa Internasional atau ISS belum lama ini memamerkan foto Sulawesi Utara dari luar angkasa. Astronaut terkesima dengan awan Sulawesi sehingga memotretnya dari dari balik jendela ISS.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Momen tersebut terjadi pada saat wahana ISS melintasi khatulistiwa dan Sulawesi. Momen melintasi atas Indonesia tak dilewatkan oleh astronaut. 

Dikutip dari Earthobservatory, Kamis 15 Agustus 2019, astronaut memotret wilayah Sulawesi Utara dari luar angkasa dan terlihat semenanjung utara Sulawesi pada pagi hari yang mana terlihat paparan sinar Matahari. 

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

Foto tersebut diunggah oleh akun Instagram NASA Earth. Dalam keterangan di akun tersebut, astronaut yang bertugas di ISS mengaku terkesima dengan awan di atas langit Sulawesi Utara. 

"Indonesia berdiri di wilayah dunia yang berawan. Di latar depan gambar, awan melemparkan bayangan panjang saat sinar Matahari menerpa pada sudut rendah. Sedangkan pada arah cakrawala, awan melemparkan bayangan yang lebih pendek di mana Matahari sudah lebih tinggi di langit," tulis akun @nasaearth.

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Menurut laman Earthobservatory, foto astronaut tersebut diakuisisi pada 19 Mei 2019 menggunakan kamera digital Nikon D5 dengan lensa 58 milimeter. Foto Sulawesi dari luar angkasa itu disediakan oleh ISS Crew Earth Observations Facility and the Earth Science and Remote Sensing Unit, Johnson Space Center.

"Gambar tersebut telah dipangkas dan ditingkatkan untuk meningkatkan kontras, dan artefak lensa telah dihapus," demikian dikutip dari laman Earthobservatory. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya