Salah Kaprah Baju Astronot The Martian

The Martian.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Guys masih ingat film The Martian? Film yang diluncurkan 2015 ini menceritakan mengenai terdamparnya astronot NASA yang diperankan Matt Damon di Planet Mars. 

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Lalu bagaimana penilaian desainer NASA asli soal film yang disutradarai Ridley Scott itu? Kritikus Senior dan Koordinator NASA di Rhode Island School of Design (RISD), Michael Lye menjawab pertanyaan tersebut. Lye merancang pakaian untuk MS1 Mars yang sedang dalam misi uji coba. 

"Saat saya melihat Matt Damon masuk dan keluar habitat 10 kali selama 24 jam, itu mungkin tidak akan terjadi seperti itu," ungkap Lye, dilansir laman Syfy, Jumat 6 September 2019. 

Dia mengatakan, astronot keluar hanya sekali dan tetap di sana selama yang mereka bisa. Tidak mungkin masuk dan keluar dengan sangat cepat, akibat prosedur menggunakan kostum astronot sangat lama. 

Hidup Astronot Terancam

Pakaian luar angkasa bukan jenis pakaian yang bisa digunakan sebelum melakukan eksplorasi. Lye menggambarkan proses berpakaian butuh kesabaran. 

Pakaian astronot itu didesain untuk memproteksi badan manusia dari radiasi dan temperatur ekstrem dan bertahan hidup. Saat menggunakannya, astronot harus menguji coba untuk memastikan semua sistem berjalan seperti elektronik, mekanisme dan semua yang bisa dipikirkan. 

Apakah di Luar Angkasa Ada Bau?
Astronot.

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

570 astonot dari 41 negara sudah mencicipi luar angkasa sejak misi penjelajahan antariksa pertama kali diluncurkan. 11 orang di antaranya astronot Muslim.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024