Logo WARTAEKONOMI

Pergulatan Batin CEO Netflix Tolak Akuisisi dari Bos Amazon

CEO Netflix Tolak Tawaran Akuisisi dari Jeff Bezos. (FOTO: Variety)
CEO Netflix Tolak Tawaran Akuisisi dari Jeff Bezos. (FOTO: Variety)
Sumber :
  • wartaekonomi

Layanan media streaming digital yang saat ini banyak digandrungi orang, Netflix sempat mendapat tawaran menarik dari bos Amazon Jeff Bezos. Tawaran tersebut merupakan akuisisi yang dilontarkan Bezos pada 1998. Namun, pendiri dan CEO Netflix, Reed Hastings dan Marc Randolph menolaknya.

Melansir dari CNBC (23/9/2019), kala itu Netflix baru berusia dua bulan. Bezos seakan melihat masa depan yang menjanjikan, langsung mengajukan penawaran akuisisi. Saat itu Netflix masih melayani pelanggan film melalui email.

Kedua pendiri Netflix mengatakan, “Jeff Bezos ingin bertemu dengan kami. Saat itu ia (Bezos) ingin menjadikan Amazon toko serba ada. Ia ingin mengakuisisi Netflix untuk memperluas pasar Amazon ke ranah video, tapi itu tidak akan pernah berhasil,” jelas mereka.

Saat itu, Amazon baru memiliki pendapatan sebesar US$100 juta dari penjualan buku. Perusahaan tersebut baru berdiri selama empat tahun.

Setelah pertemuan antara Hastings dan Randolph dengan Jeff Bezos terjadi, tanpa pikir panjang, Bezos langsung mengajukan angka penawaran.

Tim Bezos memberi tawaran terhadap Netflix di angka "delapan rendah". “Ketika seseorang menggunakan‘ delapan angka rendah, ’itu artinya hampir delapan angka. Itu berarti sekitar 14 juta hingga 16 juta dolar,” tulis Randolph dalam memorinya.