Realme 5 vs Samsung A30, Siapa Raja Smartphone Terjangkau?

Realme 5 vs Samsung A30s
Sumber :
  • VIVA.co.id/Siti Sarifah Alia

VIVA – Industri smartphone Indonesia kian semarak dengan kedatangan berbagai produk baru. Setiap vendor smartphone terus berlomba-lomba menghadirkan produk jagoannya. Seperti halnya realme yang baru saja merilis produk inovatif realme 5 ke tengah-tengah masyarakat. 

Review realme 5s, Quad Camera PowerHero dengan 48MP Quad Camera

Realme 5 yang memiliki slogan Quad Camera PowerHero ini membawa berbagai keunggulan, seperti baterai besar, quad camera, dan cip canggih. Hal itu tentu saja akan memberikan keuntungan bagi konsumen.

3 Alasan Realme 5 Quad Camera Layak Dipilih

Nah, realme 5 akan bersaing dengan beberapa smartphone kompetitor di pasar. Salah satu lawan terkuatnya adalah Samsung A30. Seperti apa sih perbandingan spesifikasi antar keduanya?

Desain

Memotret Indahnya Sumba Timur Lewat Kamera Ponsel Realme 5

Soal desain, realme dikenal sebagai merek yang senantiasa memperhatikan estetika tiap produknya. Di realme 5, terdapat desain potongan berlian yang bisa dibilang merupakan ciri khas realme. Ada dua warna yang disediakan realme, yakni Crystal Blue Crystal Purple.

Untuk mendapatkan kombinasi warna yang pas, realme menggunakan cara khusus. Berbeda dari pola berlian matte dari generasi sebelumnya, generasi baru ini mengadopsi permukaan asli yang dipoles dan tekstur skala nano baru. Untuk dimensi bodi, realme 5 menggunakan konsep desain bodi 3D. 

Hal itu memungkinkan bingkai smartphone terlihat lebih rapi. Namun sayangnya, bodi belakang ponsel juga mudah kotor karena sidik jari pengguna. 

Dari segi layar, realme 5 menggunakan display 6,5 inci HD+ berukuran 6,5 inci. Dengan aspek rasio 20:9, realme 5 cocok digunakan untuk menonton konten video. Di layar depan juga terletak notch untuk dudukan kamera depan dan sensor. 

Sementara Samsung A30, mengambil langkah aman dengan mengadopsi warna bodi tanpa gradasi. Warna bodinya sudah dibalut oleh aksen glossy untuk memperkuat kesan elegan. Samsung Galaxy A30s tersedia dalam empat warna, yakni hitam, putih, merah, dan biru. 

Untuk urusan display, Samsung A30 menggunakan layar 6,4 inci yang dipadukan dengan notch dewdrop di tengah layar. Layarnya sudah menggunakan teknologi khas Samsung Super AMOLED. 

Kamera

Jika boleh bicara jujur, sektor kamera di smartphone realme semakin berkembang pesat belakangan ini. Hal itu juga tampak di realme 5 yang menggunakan teknologi quad camera. Kamera belakang realme 5 memiliki konfigurasi kamera utama 12 MP, kamera ultra-wide 8 MP, kamera sekunder 2 MP, dan kamera ultra makro 2 MP. Sedangkan kamera depannya berukuran 13 MP. 

Contoh foto realme 5 pro

Kamera utamanya dapat menangkap objek secara natural. Sebab terdapat aperture besar f/1.8 dan area single-pixel ultra-besar 1,25 ?m yang mengamankan cahaya yang cukup dan membuat gambar kamu lebih jernih juga lebih cerah. Belum lagi kemampuan kamera ultra-wide yang dapat menangkap gambar dengan sudut 119 derajat. 

Realme 5 juga memiliki dua fitur jagoan seperti, Chroma Boost dan Nightscape. Kedua fitur ini membuat foto dengan berbagai skenario dapat ter-capture dengan baik. 

Untuk Samsung Galaxy A30, menggunakan konsep dual camera. Kamera belakangnya terdiri dari lensa utama 16 MP dan lensa sekunder 12 MP yang berguna untuk pengambilan gambar ultra-wide. Sedangkan di bagian depan terdapat lensa 16 MP. 

Sayangnya, Samsung Galaxy A30 tidak memiliki lensa untuk kedalaman. Alhasil, Samsung A30 tidak dapat menangkap foto bokeh secara baik. 

Performa
Di  sektor  dapur pacu, realme 5 diperkuat dengan Snapdragon 665 octa-core yang diproduksi dengan teknologi fabrikasi 11 nm. Hal itu tentu saja menjamin manajemen daya smartphone yang baik namun tetap bertenaga. 

Dalam mengimbangi kekuatan cip, realme 5 disokong oleh aspek memori yang baik. Realme 5 terdiri dari 3 varian, yakni 3+32 GB, 3+64 GB, dan 4+128 GB. Secara garis besar, realme 5 dapat menjalankan berbagai aktivitas (musik, media sosial, game, streaming) secara baik. 

Sementara, Samsung  Galaxy A30 diperkuat dengan cip bikinan Samsung sendiri, yakni Exynos 7904. Cip tersebut diproduksi menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm. Cip tersebut sudah didukung oleh RAM 4 GB dan ROM 64 GB. 

Pada saat pengujian game PUBG Mobile, realme 5 dapat menjalankan game di tingkatan medium secara lancar tanpa lag. Sementara, Samsung Galaxy A30 dapat menjalankan game tersebut di tingkatan high secara baik. 

Baterai

Sebagai salah satu aspek terpenting di smartphone, kehadiran baterai dengan kapasitas besar mutlak diperlukan. Melihat kebutuhan tersebut, realme menyematkan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Baterai tersebut sudah dilengkapi dengan Content Adaptive Backlight Control (CABC) untuk secara dinamis menyesuaikan rasio kontras layar.

Di sisi lain, Samsung Galaxy A30 menggunakan baterai dengan kapasitas yang lebih kecil. Yakni 4.000 mAh.

Kesimpulan

Dari segi fitur, realme 5 jauh lebih unggul dengan beragam fitur yang tersedia, seperti Chroma Boost, Nightscape, dan Quad Camera yang membuat pengalaman fotografi yang meningkat dari sebelumnya. Bicara soal harga, realme 5 juga ditawarkan lebih murah mulai Rp1.899.000 pada sesi flash sale. Sementara harga Samsung Galaxy A30 dijual mulai Rp3.399.000.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya