Waduh, Burung Iriana Jokowi Sangat Terancam!

Burung Iriana Jokowi (Myzomela irianawidodoae)
Sumber :
  • Instagram/@lipiindonesia

VIVA – Masih ingat burung Iriana Jokowi guys? Itu lho spesies baru burung di Pulau Rote, Nusa Tenggara Tiimur yang dinamai Myzomela irianawidodoae pada 2017. 

Bisa Ditiru, Desain Interior Hangat untuk Momen Spesial Idul Fitri

Burung ini menjadi perhatian lho guys. Selain karena namanya yang unik mengambil nama Ibu Negara, dan kecantikan karakter burung tersebut. Myzomela irianawidodoae yang merupakan burung kecil nan cantik, dan burung isap madu Rote ini, menjadi ikon satwa hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2019 lho

Buat kamu tahu ya guys, burung Iriana Jokowi ini pemakan nektar, yaitu cairan manis yang terdapat pada bunga. Mereka  juga menyukai beberapa jenis serangga kecil, termasuk laba-laba. Nah, sayangnya nih guys. Burung Myzomela irianawidodoae berisiko. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menuliskan, burung Iriana Jokowi ini sedang terancam. 

6 Negara Penghasil Wanita Tercantik di Dunia, Indonesia Termasuk?

"Sebagai pemakan nektar, burung ini berpotensi sebagai penyerbuk. Myzomela irianawidodoae sangat terancam karena perusakan habitat atau alih fungsi hutan di samping luas pulau Rote sangat kecil dan tidak memiliki kawasan lindung," tulis akun media sosial LIPI dikutip, Rabu 6 November 2019. 

Waduh guys sayang banget ya. Padahal Myzomela irianawidodoae kan cantik. Berukuran kecil dengan panjang tubuh 11,8 cm, dan bobotnya 32,23 gram dan panjang paruh 1,79 cm; bentangan sayap 17,2 cm dan panjang sayap 5,8 cm, panjang ekor 3,7 cm dan tinggi kaki 1,67 cm.

Sosok Sendi Fardiansyah, Sespri Iriana Jokowi yang Bakal Maju Pilkada Kota Bogor 2024

Penampilan burung Iriana Jokowi ini juga indah. Gimana enggak, lihat saja kombinasi warna burung Iriana Jokowi ini, bulu-bulu di bagian kepala hingga data atas dan tengkuk berwarna merah darah, warna kekang hitam dan garis hitam tipis di sekeliling mata. 

Selanjutnya pita hitam pada pertengahan dada dan secara bertahap menjadi warna abu-abu dengan sapuan warna zaitun pada dada bawah, perut, paha dan sekitar tungging. 

Punggung dan ekor burung berwarna hitam, serta pertengahan punggung sampai tungging berwarna merah dan sayap berwarna hitam bercampur abu-abu gelap.

Burung ini menghuni habitat di hutan, semak-semak, kebun dan pohon yang berbunga, terkadang bisa dijumpai memakan nektar pada bunga pohon jati di sekitar perkampungan. Suara kicauannya merdu saat sedang terbang.

Yah moga masyarakat sekitar dan pihak terkait bisa menyelamatkan burung Iriana Jokowi dari ancaman tersebut ya. Semoga! 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya