Indahnya Spesies Baru Anggrek Berkepala Naga, Asli dari Papua

Dendrobium nagataksaka, anggrek berkepala naga
Sumber :
  • Dokumen Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

VIVA – Kabar bagus guys datang dari bumi Indonesia. Ada spesies baru anggrek lho, salah satunya unik yaitu anggrek berkepala naga

Begini Penampakan Beruang Hasil Perkawinan Silang Antarspesies

Peneliti Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil menemukan dua spesies baru anggrek, Dendrobium nagataksaka dan Eulophia lagaligo.

Deskripsi spesies baru anggrek tersebut telah diterbitkan pada jurnal ilmiah internasional Phytotaxa pada September 2019. Anggrek Dendrobium nagataksaka merupakan anggrek epifit yang tumbuh menempel di permukaan batang pepohonan. 

Geger Penemuan Ular Spesies Baru, Kelaminnya Dua dan Nonjol Keluar

Peneliti LIPI Destario Metusala menjelaskan genus Dendrobium dikenal sebagai salah satu kelompok anggrek yang memiliki bentuk bunga yang unik dan menjadi salah satu komoditas bunga hias yang sangat digemari.

“Spesies baru ini memiliki keunikan bentuk kuntum bunganya yang memiliki petal tegak seperti tanduk dan bibir bunga yang menjulur panjang menyerupai bentuk kepala seekor naga,” jelasnya dikutip dari laman LIPI, Kamis 7 November 2019. 

Geger Penemuan Tengkorak Kuno Jenis Spesies Manusia Baru

Ciri tersebut yang menjadikan spesies baru ini  mengambil epitet nagataksaka yang berasal dari nama Taksaka, makhluk mitologi berwujud naga dalam epos Mahabharata.

Destario menjelaskan distribusi alami dari spesies baru ini diketahui berasal dari kawasan hutan dataran rendah di Provinsi Papua Barat.

Eulophia lagaligo

Sementara spesies anggrek Eulophia lagaligo sebenarnya pernah ditemukan sebelumnya oleh taksonom C.L. Blume pada 1859 berdasarkan spesimen dari pulau Timor dengan nama Eulophia bicolor. Akan tetapi belakangan diketahui nama spesies tersebut menjadi tidak diterima dikarenakan nama tersebut telah digunakan sebelumnya oleh taksonom N. A Danzell pada 1851 untuk spesies yang berbeda.

“Dalam kajian taksonomi, sebuah nama spesies hanya boleh dipergunakan satu kali untuk sebuah taksa. Selain itu, selama ini anggrek Eulophia bicolor oleh Blume dianggap spesies yang sama dengan Eulophia nuda karena kemiripannya,” jelas Destario.

Nah pada 2008, Destario bersama tim dari Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI menemukan, spesimen anggrek dari genus Eulophia di Sulawesi Selatan. Setelah dilakukan studi panjang yang mendalam, Destario berhasil membuktikan Eulophia bicolor berbeda dengan Eulophia nuda.

“Karena nama Eulophia bicolor sudah dipakai, kami memberikan nama-nama Eulophia lagaligo untuk spesies baru tersebut,” jelasnya.  

Epitet lagaligo diambil dari nama La Galigo, yaitu sebuah karya sastra warisan dunia yang dibuat sekitar abad ke-14 dan berasal dari Sulawesi Selatan. Destario menuturkan, spesies baru Eulophia lagaligo memiliki kemiripan dengan Eulophia nuda.

“Perbedaannya ada di bentuk dagu bunganya yang berasal dari kaki tugu dan bibir-bunga dan menekuk ke bawah, tugu bunga yang lebih ramping, serta penutup anther yang memiliki sebuah tonjolan memanjang,” kata dia.

Eulophia lagaligo memiliki perbungaan tegak dengan 5-14 kuntum bunga yang mekar hampir serentak. Bunganya yang berwarna kehijauan memiliki lebar 2,2-2,8 cm dengan perhiasan bunga tidak membuka secara penuh. “Bibir bunganya yang kehijauan memiliki corak keunguan hingga merah muda di bagian tengahnya,” jelas Destario.
 
Selain di Sulawesi Selatan, persebaran alami Eulophia lagaligo diketahui berasal dari dan pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. “Spesies ini dapat tumbuh baik di dataran rendah dengan rentang ketinggian antara 100 sampai 600 meter di atas permukaan laut,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya