Bisa Cek Saldo eMoney dari Samsung Galaxy A30s, Gampang!

Teknologi NFC, merupakan teknologi baru yang pastinya dapat mempermudah kehidupan kita, sehingga sangat menarik untuk digunakan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Untuk mengisi atau sekedar mengecek saldo eMoney ternyata tak semudah yang kita kira. Pengecekan atau pengisian saldo itu bisa dilakukan dengan gampang jika perangkat smartphone kita memiliki teknologi NFC di dalamnya.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Samsung rupanya benar-benar membombardir pasar smartphone tanah air dengan menghadirkan berbagai produk di segala segmen harga. Yang menarik, Samsung Galaxy A30s dijual dengan harga Rp3 jutaan namun memiliki teknologi Near Field Communication (NFC).

Ini merupakan langkah pintar dari Samsung yang mengerti potensi pembayaran elektronik akan berkembang sedemikian rupa di Indonesia. Sayangnya, belum banyak vendor smartphone yang menyadari ini, menyematkan NFC di perangkat dengan harga kurang dari Rp3 juta.

Tim Cook Datang ke Indonesia Besok, Apple Turun Takhta

Saat ini cukup banyak institusi perbankan yang mengeluarkan kartu pembayaran elektronik. Bahkan penyedia gateway payment pun ada juga. Apalagi banyaknya merchant dan fasilitas publik yang pembayarannya menggunakan eMoney, seperti MRT dan beberapa titik parkir. Sayangnya perangkat untuk bisa mobile mengisi atau mengecek saldo emoney bisa dilakukan di perangkat terbatas, hanya smartphone yang memiliki NFC.

Selain mengisi dan mengecek saldo melalui aplikasi, bisa juga dilakukan dengan bantuan eCommerce seperti Tokopedia untuk melakukan topup. NFC juga bisa digunakan untuk mengirim dan menerima gambar antar perangkat. Tinggal dekatkan saja kedua perangkat yang dimaksud. Bahkan jika sim card yang kamu gunakan memiliki fitur pembayaran, smartphone ber-NFC seperti Samsung Galaxy A30s akan bisa langsung digunakan sebagai alat pembayaran yang nyaman.

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Untuk menggunakannya, jangan lupa mengaktifkan dulu fitur NFC yang ada di perangkat. Misalnya di Samsung Galaxy A30s, tinggal aktifkan melalui menu Pengaturan.

Untuk mengecek saldo, terlebih dahulu download aplikasi dari produsen kartu tersebut. Misalnya Mandiri eMoney, download aplikasi dengan nama yang sama. Buka aplikasi, tempelkan kartu eMoney maka dalam hitungan detik, jumlah saldo yang ada di dalamnya akan terkuak. Sayangnya, aplikasi eMoney Mandiri hanya bisa untuk mengecek saldo, sedangkan untuk melakukan topup harus melalui ATM terdekat, atau merchant yang bekerja sama.

Beberapa kartu eMoney keluaran bank lain seperti BNI Tapcash, BRIzzi, bisa melakukan topup saldo dari aplikasi. Silakan dicoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya