Tutorial Bikin Kacamata Gerhana Matahari, Sederhana Nggak Ribet!

Gerhana Matahari Cincin
Sumber :
  • www.bmkg.go.id

VIVA – Waktu Gerhana Matahari Cincin di wilayah Indonesia makin mendekat lho guys. Fenomena alam itu bisa dinikmati di Indonesia pada 26 Desember 2019. Kamu sudah persiapan apa saja?

Gerhana Matahari Total Bakal Hadir di Indonesia, Cek Jadwalnya

Pada momen Gerhana Matahari Cincin, salah satu hal yang menarik dilakukan yakni mengamati saat cahaya Sang Surya tertutup dan membentuk cincin dalam kegelapan siang hari. 

Nah untuk mengamati fenomena Gerhana Matahari Cincin itu kan butuh kacamata khusus ya. Sudah banyak produk kacamata gerhana di jual di pasaran, tapi kalau kamu ada waktu, kamu bisa juga lho membuat kacamata Gerhana Matahari yang sederhana dan simpel.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Bagaimana caranya? Jangan khawatir, peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) membantumu membuat kacamata gerhana yang simpel melalui tutorial video di YouTube. 

Bahan untuk membuat kacamata mudah kok. Bahannya yaitu kertas karton putih, double tape, filter matahari dan karet. 

5 Fakta Menarik Gerhana Matahari Total pada 8 April 2024

Tapi ingat ya guys, peneliti LAPAN mengingatkan betul, dalam mengamati Gerhana Matahari Cincin dengan kacamata sederhana itu jangan berlama-lama. Paling lama 2 menit ya!. 

Nah diatur saja waktunya sesuai kenyamanan dan keamanan kamu ya saat mengamati detik-detik Gerhana Matahari Cincin. Buat kamu tahu ya, batasan maksimal mengenakan kacamata gerhana sederhana ini 2 menit, sedangkan durasi Gerhana Matahari Cincin rata-rata 3 menitan. 

Nah sudah nggak sabar ya, nih kalau kamu penasaran bagaimana tutorial membuat kacamata gerhana sederhana. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya