Astronaut Pamer Foto Bumi Bulat, Kaum Bumi Datar Keukeuh Menolak

Penampakan bumi yang bulat saat dilihat dari ISS
Sumber :
  • Twitter @Astro_Jessica

VIVA – Para astronaut yang ada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) setiap harinya disuguhi pemandangan unik planet Bumi. Di mana banyak orang yang tidak memiliki kesempatan itu.

Berapa Lama Lagi Bumi akan Bertahan?

Dikutip dari situs Mirror, Rabu, 15 Januari 2020, ISS sendiri mengorbit Bumi di ketinggian 250 mil. Artinya stasiun ruang angkasa itu setiap harinya mengelilingi Bumi sebanyak 16 kali.

Salah satu astronaut Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) telah mengambil beberapa foto menakjubkan planet kita, kemegahan cakrawala. Foto yang diambil dari ISS itu sekaligus menjadi bukti bahwa Bumi berbentuk bulat.

Teori Bumi Datar Tidak Benar, 5 Hal Nyata Buktikan Bumi Bulat

Para ahli teori konspirasi tentu saja menolak foto tersebut. Mereka masih teguh pada pendiriannya tentang bentuk Bumi yang datar. Padahal selama 2 ribu tahun manusia percaya bahwa bentuk Bumi bulat.

Baca juga: Pesan Pendiri The Pillars, Ariel NOAH: Enggak Yakin Jangan Ikutan

Begini Nasib Kaum Bumi Datar Sekarang

Meyakinkan para kaum Bumi datar, NASA menjelaskan bahwa orang Yunani kuno pernah mengukur bayangan Matahari saat musim panas, juga menghitung lingkar Bumi. Mereka menggunakan posisi bintang dan rasi bintang untuk memperkirakan jarak di Bumi.

"Mereka bahkan bisa melihat bayangan bulat planet kita di bulan saat gerhana Bulan. Sampai sekarang pun kita masih dapat melihatnya saat adanya gerhana," jelas NASA.

Zaman sudah semakin canggih, saat ini untuk mengukur ukuran dan bentuk Bumi, para ilmuwan menggunakan GPS dan satelit.

Meski begitu, NASA tidak membantah bahwa saat ini bentuknya tidak seperti bola yang sempurna. Hal itu karena kekuatan saat Bumi berputar membuat Kutub Selatan dan Utara sedikit datar.

"Rotasi Bumi, gerakan dan kekuatan lainnya membuat planet berubah bentuk dengan sangat lambat. Meski saat ini bentuknya masih bulat," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya