Waspada Ancaman Pemerkosaan oleh Robot

Robot seks buatan AI-AITech
Sumber :
  • Instagram/@cloudclimax

VIVA –  Para peneliti Amerika Serikat (AS) memperingatkan bahaya yang kemungkinan akan ditimbulkan dengan berkembangnya teknologi robot saat ini. Dengan dibekali 'senjata' Artificial Intelligence (AI), robot bisa melakukan beberapa tindakan kejahatan.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Salah satunya tindak kejahatan pemerkosaan mengingat kemungkinan akan semakin banyak dikembangkannya robot seks yang dibekali kecerdasan buatan. Bahkan kini mulai banyak dijual secara online dengan harga yang terbilang terjangkau.

Para peneliti juga mengatakan pengembangan teknologi pada robot akan sangat sulit dipantau sehingga tak menutup kemungkinan insinyur-insinyur pintar iseng membuat robot dengan orientasi seks.

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

"Beberapa robot telah diprogram untuk melakukan protes, ada yang juga diciptakan dengan sebuah skenario untuk melakukan pemerkosaan," kata Dr Christine Hendren dari Duke University belum lama ini.

Tak hanya itu, lanjut Hendren, beberapa robot akan didesain untuk menjadi predator anak-anak. Hal itu dibuktikan dengan adanya pengembang di Jepang yang telah menciptakan robot dengan fokus paedophile meski dengan dalih robot diprogram untuk resisten terhadap ancaman.

Sosok 'Jenderal Pembangkang' pada Masa Rezim Soeharto, Kini Raih Pangkat Bintang 5

"Tapi apakah itu normal karena memberikan peluang orang untuk mempraktikkan perilaku-perilaku yang seharusnya mereka buang jauh-jauh," kata Hendren.

Sebagai catatan, Dr Hendren sendiri telah membicarakan potensi ancaman dari robot pintar ini saat menghadiri pertemuan American Association for the Advancement of Science beberapa waktu lalu.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah

Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat

Kepada Yasushi  Masaki, Ida Fauziyah berharap terus memperkuat hubungan kerja sama bilateral Indonesia-Jepang, khususnya di bidang ketenagakerjaan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024