Ada Ponsel Haramkan Foto Telanjang, Produsennya Bukan Negara Muslim

Ponsel Tone e20.
Sumber :
  • k-tai.watch

VIVA – Ada ponsel yang mengharamkan penggunanya untuk mengambil dan mengirimkan foto telanjang. Jika ketahuan maka foto tersebut secara otomatis tidak akan tersimpan di dalam galeri ponsel. Hebatnya, produsen ponsel yang haramkan foto telanjang ini bukan dari negara Muslim, melainkan Jepang.

Dubes Australia Beri Ucapan Selamat Idul Fitri ke Umat Muslim di Indonesia

Ponsel tersebut bernama Tone e20 yang berasal dari penyedia ponsel Tone Mobile. Ponsel ini sudah dijual ke publik dengan dibanderol US$180 atau Rp2,4 juta. Ponsel e20 tampil dengan layar 6,26 inchi dengan Sistem Operasi (OS) Android 9.0. Selain itu juga menggunakan tiga kamera belakang dan satu kamera selfie.

Pada kamera inilah menggunakan Smartphone Protection. Fitur tersebut menggunakan sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang akan menganalisa gambar dan memeriksa jika masuk kategori tidak pantas.

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

Seperti dikutip dari laman soranews24, Rabu, 19 Februari 2020, kehadiran fitur ini membuat pengguna tidak bisa mengambil foto telanjang. Jika ingin mencobanya, pengguna akan mendapat pesan yang mengatakan jika foto tidak bisa diambil dan data gambar akan dibuang tanpa disimpan.

Fitur ini dikembangkan Tone Mobile untuk melindungi anak-anak dan remaja. Dengan ponsel yang menggunakan internet, mereka ingin menghadirkan peningkatan keamanan pada anak dibawah umur yang mungkin menjadi sasaran di dunia maya. Ponsel Tone e20 juga bisa terhubung dengan ponsel orangtua atau wali anak.

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Dengan koneksi tersebut jika pengguna Tone e20 mengambil gambar atau foto telanjang, maka ponsel orangtua akan menerima peringatan berisi tanggal dan waktu foto, informasi GPS, dan thumbnail piksel dari foto. "Thumbnail itu tidak akan disimpan pada perangkat ataupun server lain," demikian keterangan resmi Tone Mobile.

Ilustrasi berdoa.

Viral Seorang Pria Jadi Mualaf Setelah Lakukan Hal Unik Ini di Masjid

Seorang warga Swedia yang menjadi perhatian publik setelah ceritanya viral di media sosial telah membatalkan niatnya untuk mengakhiri hidup setelah ia tertidur dan mualaf

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024