Manusia Komputer Kulit Hitam NASA Katherine Johnson Meninggal Dunia

Katherine Johnson mendapat penghargaan dari Presiden AS Barack Obama di Gedung Putih pada 2015.
Sumber :
  • https://abcnews.go.com/

VIVA – Manusia komputer kulit hitam NASA Katherine Johnson meninggal dunia di usia 101 tahun. Perempuan yang ahli matematika itu menghembuskan nafas terakhir pada Senin, 24 Februari 2020. Pengumuman duka cita ini langsung disampaikan oleh Administrator NASA, Jim Bridenstine.

Aura Kasih Mendadak Umumkan Rehat dari Medsos, Warganet Bertanya-tanya

Johnson berhasil menghitung jalur penerbangan untuk misi luar angkasa pertama Amerika Serikat (AS), serta pendaratan di Bulan. Ia juga satu dari tiga perempuan yang diprofilkan dalam buku dan film yang berjudul Hidden Figures.

"Dia (Johnson) membantu negara kita (AS) untuk memperbesar batas ruang bahkan ketika dia membuat langkah besar yang membuka pintu bagi perempuan dan orang dengan kulit berwarna untuk menjelajahi ruang angkasa," kata Bridenstine, dikutip dari Abcnews.go, Selasa, 25 Januari 2020.

Lolly Datangi Rumah Nikita Mirzani, Berharap Bisa Bertemu Meski 10 Menit

Bahkan, akun Instagram NASA mengunggah penghormatan terakhir bagi Johnson. Akun tersebut juga menuliskan kalimat sangat sedih ditinggal oleh ahli matematika dan manusia komputer. Mereka juga tak lupa mengucapkan terima kasih atas kontribusi Johnson selama ini.

Akun Instagram NASA juga menulis soal bagaimana Astronot John Glenn hanya percaya pada komputer setelah diperiksa oleh Johnson. "Dan ketika kami pakai komputer digital untuk menghitung, Glenn mengatakan dia akan percaya komputer hanya setelah Johnson memeriksa matematikanya," tulis Instagram NASA.

3 Mobil Berujung Tabrakan Karambol Akibat Keliru saat Menikung

Menurut Glenn, perhitungan Johnson terbukti penting bagi pendaratan pesawat ulang alik Apollo di Bulan serta dimulainya Program Space Shuttle. Karakter Johnson juga pernah difilmkan melalui Hidden Figures.

Ia diperankan oleh aktris Taraji P. Henson. Film ini menceritakan tiga perempuan kulit hitam yang bekerja untuk NASA. Hidden Figures masuk nominasi penghargaan film Oscar saat itu.

Selebram Meli Joker.

Profil Meli Joker Selebgram yang Tewas Bunuh Diri

Selebgram bernama Meli Joker mendadak menjadi sorotan publik setelah kabar meninggalnya menggemparkan banyak orang. Dilaporkan bahwa Meli Joker mengakhiri hidupnya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024