Penampakan Drone jadi Relawan COVID-19 di Jakarta

Penyemprotan Disinfektan dengan Drone, Cegah Virus Corona COVID-19.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Organisasi olahraga dirgantara di Indonesia, Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), akan melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Jakarta memakai pesawat nirawak atau drone guna meminimalisir penyebaran pandemi Virus Corona COVID-19.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Mengutip postingan akun Instagram @jktinfo, Jumat, 27 Maret 2020, program ini didukung oleh sejumlah tim drone, di antaranya Halo Robotics, Handal Selaras, Nusa Indonesia, Federasi Drone Indonesia, Gavin, Dronian Indonesia, Komunitas Aerial dan Drone Racing, Indonesia Drone Journalist, Gading Drone Pilot, dan Syngenta.

"Esok hari tim akan bertugas di beberapa titik di ibu kota untuk melakukan penyemprotan disinfektan," demikian keterangan di dalam postingan tersebut.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Ngeri, Viral Video Israel Rudal 4 Pemuda Palestina Tak Bersenjata

Kemudian, berdasarkan keterangan dari akun Instagram @nusa.indonesia, jenis drone yang digunakan adalah DJI Agras T-16 dengan kapasitas tangki 16 liter yang bisa mencakup 1,5 hektare hanya dalam waktu 10 menit.

"Semoga kita semua dapat membantu warga Jakarta, dan juga Indonesia, untuk melewati masa sulit ini dengan memberikan kontribusi yang optimal melawan COVID-19. Bersatu menjadi garda terdepan melawan COVID-19. Indonesia bisa!," ujarnya.

Pemanfaatan teknologi drone bukan baru pertama kali dilakukan. Di Surabaya, Jawa Timur, drone juga sudah digunakan untuk penyemprotan di empat kelurahan dan Kecamatan Gunung Anyar yang menghabiskan 700 liter disinfektan untuk membasmi COVID-19.

Penggunaan drone ini sesuai dengan arahan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, untuk meminimalisir jumlah petugas yang turun ke lapangan. Ia berpesan jangan sampai menolong orang lain namun tidak memperhatikan keselamatan diri sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya