Jet Tempur Negara Muslim yang Dikagumi Jokowi Siap Tantang India

Jet tempur JF-17-Block 3 dan F-16C Fighting Falcons. Keduanya milik Angkatan Udara Pakistan.
Sumber :
  • Global Village Space

VIVA – Jet tempur negara Muslim yang dikagumi Presiden Joko Widodo (Jokowi) siap menantang dominasi India di wilayah udara kawasan Asia Selatan. Adalah Pakistan yang mengejar program modernisasi angkatan udaranya melalui JF-17 Block 3 yang diluncurkan pada Desember 2019.

CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang

Sedikit informasi, Block 3 adalah varian terbaru JF-17 Thunder. Presiden Jokowi pernah menaiki kokpit jet tempur ini di Pangkalan Udara Nur Khan, Islamabad, Pakistan, sebelum melanjutkan penerbangan ke Bangladesh, pada awal 2018.

Pesawat satu mesin ini akan menjadi pengubah permainan bagi kemampuan perang udara negeri yang juga dijuluki Islamic Bomb tersebut. Julukan ini tersemat karena Pakistan merupakan satu-satunya negara Muslim yang mendeklarasikan punya senjata nuklir.

Jokowi Inaugurates Gumbasa Dam with Total of IDR 1.25 Trillion

Jet tempur Mirage 2000.

Jet tempur Mirage 2000.
5 Pemain Bintang Sepakbola Muslim Eropa yang Rajin Ibadah dan Hafal Al-Quran

Mengutip situs Military Watch Magazine, Sabtu, 28 Maret 2020, JF-17 Block 3 mengintegrasikan beberapa fitur siluman terbatas, mesin yang lebih kuat, radar AESA yang lebih besar, sistem pencarian dan pelacakan infra merah, sistem peperangan elektronik baru, dan rudal udara ke udara jauh PL-15.

Dengan kisaran perkiraan 200-300 km, PL-15 akan mengungguli semua rudal udara ke udara yang dibawa jet tempur India. MICA, yang digunakan oleh jet tempur buatan Prancis, Rafale dan Mirage 2000 yang dipakai India, memiliki jarak serang maksimal 80 km.

Sementara R-77 yang digunakan oleh MiG-21, MiG-29 dan Su-30MKI memiliki rentang 110 km. Angkatan Udara Pakistan berharap JF-17 Block 3 mampu menggantikan jet tempur J-7 buatan China dan Mirage III Prancis yang hampir usang, kendati mereka masih memiliki F-16C Fighting Falcons besutan AS.

Pesawat Tempur F-16.

Jet tempur  F-16C Fighting Falcons.

Sebab, JF-17 Thunder adalah satu-satunya jet tempur Pakistan, selain F-16, yang dilengkapi dengan rudal udara ke udara dipandu radar aktif PL-12 dengan jangkauan 100 km.

Dengan demikian, jet tempur JF-17 Block 3 diprediksi dapat menjadi pengubah permainan udara yang serius di kawasan Asia Selatan.

Meski JF-17 Block 3 diunggulkan atas Mirage 2000, namun masih belum mampu menumbangkan Rafale atau Su-30MKI, yang menjadi andalan India.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya