Logo DW

Ada Aplikasi yang Bisa Mengendus Sensor Internet

Ilustrasi internet.
Ilustrasi internet.
Sumber :
  • www.pixabay.com/TBIT

Kini, ada aplikasi yang bisa mengendus sensor internet. Namanya OONI. Seperti diketahui, internet bebas bukan sebuah keniscayaan. Banyak pemerintahan tidak demokratis memblokir situs web yang tidak disukai atau mengontrol motivator online di kalangan warganya.

Ketakutan bisa dilacak dan ditemukan mengerem kreativitas dan keingingan pengguna internet untuk menyuarakan aspirasinya secara bebas.

Untuk mempersulit pelacakan dari jawatan pemerintah, hacker yang kreatif mengembangakan sistem seerti Tor-Network atau mesin pencari, dengannya pengguna alias user bisa berselancar secara anonim.

Nah, supaya user di negara-negara yang menerapkan sensor media punya akses bebas ke informasi yang diblokir, ada layanan seperti Psihphon atau akses via VPN.

OONI Mengungkap Sensor Internet
Akan tetapi perang melawan sensor internet ibarat permainan “petak umpet“ terus menerus. Para pengembang perangkat lunak kadang juga perlu bantuan dari pengguna, yang dibantu pengembangan program softwarenya.

Pada 21 April, Open Observatory of Network Interference (OONI) meluncurkan app OONI versi ujicoba. Aplikasi ini memungkinkan para pengguna menemukan beragam bentuk sensor internet. Disamping itu sekaligus juga mengontrol kecepatan jaringan serta dayanya dan daya streaming video.

“Targetnya, mengungkap pemblokiran situs web global,“ ujar Oliver Linow pakar IT DW. “Sebelumnya sudah dirilis app untuk Android. Sekarang diluncurkan app untuk Windows dan Mac OS,“ tambah Linow.