Meski Lagi Corona, Warganet Bersuka Cita Sambut Ramadhan 1441 Hijriah

Petugas sedang melakukan pengamatan hilal bulan suci Ramadhan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq

VIVA – Kementerian Agama telah menetapkan Bulan Suci Ramadan 1441 Hijriah pada Jumat besok, 24 April 2020. Artinya, seluruh umat Muslim di dunia, termasuk Indonesia, akan menjalankan ibadah puasa. Tahun ini akan terasa berbeda karena tengah mewabahnya Virus Corona COVID-19.

Heboh Warga Dubai Asyik Main Jet Ski saat Kebanjiran, Warganet: Baru Mau Kirim Mi Instan

Dari pantauan VIVA Digital di media sosial Twitter sekitar pukul 19.00 WIB, Kamis, 23 April 2020, Ramadhan menjadi trending topic nomor satu sejak setengah jam sebelumnya. Tweet yang dikumpulkan sudah mencapai 274 ribu.

"Ramadhan tahun ini makan saur hari pertama di rumah sakit seperti tahun2 sebelumnya. Semoga dimanapun kita memulai ibadah ramadhan tahun ini, amalannya lebih baik dari tahun2 ya sebelumnya. Mohon maaf kalo saya ada salah2 kata ya tweeps. Marhaban ya Ramadhan," tulis akun @oxfara. 

Warganet Syok Lihat Cara Pengendara Motor Ini Bonceng Anak

Tak Ingin Terjebak Macet, Pengemudi Toyota Agya Ini Berakhir Malu

Kemudian @infoBMKG mengatakan, "Meskipun Hilalnya malu-malu untuk menampakkan diri dari balik ufuk barat yang sebagian besar berawan, namun hasil sidang isbat telah memutuskan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada esok hari tanggal 24 April 2020. Mimin BMKG mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan," katanya.

Sebelumnya Kepala Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta, Saiful Mujab mengatakan pihaknya belum melihat adanya posisi hilal saat dipantau dari lantai 7 Kantor Kementerian Agama DKI pada Kamis, 23 April 2020 sejak pukul 16.00 WIB karena faktor cuaca. 

Menurutnya proses pemantauan hilal dilakukan di seluruh Indonesia, kurang lebih ada 80 titik. Metode hisab-nya ialah penghitungan astronomi dan rukyat dengan meneropong hilal. 

"To all of my mutuals, as we muslims are entering the holy month of ramadhan i would like to apologize if i have made any mistakes to you. please forgive me if i have done anything wrong. and to all of my muslim mutuals, ramadhan kareem," kata @prdefseoul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya