Pasukan Khusus Rusia Punya Ilmu Kebal Bom

Pasukan khusus atau Spetsnaz Rusia.
Sumber :
  • Military Watch Magazine

VIVA – Spetsnaz atau Pasukan Khusus Rusia kini punya ilmu kebal dari bom. Ilmu tersebut bukanlah ilmu kanuragan, melainkan kendaraan taktis atau rantis bernama VPK-Ural yang mampu melaju, bahkan setelah menghantam ranjau darat berdaya ledak hingga 6,5 kilogram TNT, karena bagian bawah kendaraan dirancang khusus untuk menahan ledakan besar ranjau darat.

Bom Temuan Bekas Perang Dunia II Diledakkan di Lanud Silas Papare

Mengutip situs Sputniknews, Senin, 4 Mei 2020, VPK-Ural juga dilengkapi kursi antitrauma – dinamakan demikian karena jika kendaraan itu melintasi ladang ranjang, kursi tersebut mampu meredam sebagian besar dampak ledakan. Karena itu, rantis ini diperuntukkan mengirim pasukan khusus Rusia ke garis depan di seluruh dunia.

Kepala Eksekutif VPK, Aleksandr Krasovitsky mengaku, rantis ini langsung dikirim untuk diuji coba di medan pelatihan. Kendati masih dalam tahap uji coba, namun satu unit VPK-Ural telah dikirim ke pelanggan asing untuk digunakan dalam pertempuran sungguhan. Meski begitu, ia enggan mengungkap identitas pembelinya tersebut.

Tidak Hanya di Rusia, Ada Deretan Jejak ISIS dalam Aksi Teror di Indonesia

Interior VPK-Ural. Sumber: Sputniknews.
Innalillahi, Letnan Emil Perwira Pasukan Khusus Rahasia Satbravo 90 Kopasgat TNI Meninggal Dunia

“Kendaraan taktis ini tengah menjalani tes pendahuluan. Meski begitu, kami sudah menjual satu unit di luar negeri. Atas permintaan pelanggan, kami membuatnya sedikit lebih kecil atau untuk delapan orang awak,” kata Krasovitsky.

Akan tetapi, dirinya tidak mengesampingkan kemungkinan peningkatan pesanan jika rantis tersebut terbukti tangguh tak hanya di medan pelatihan, tetapi juga dalam operasi sungguhan di luar negeri.

Kemudian, melansir situs RBTH, VPK-Ural pertama kali diluncurkan satu tahun lalu dalam pameran senjata Army 2019 di Moskovskaya oblast, luar Kota Moskow, Rusia. Dengan bobot 14,5 ton, kendaraan ini dilapisi pelindung yang cukup tebal untuk menahan serangan langsung senapan mesin dan senapan runduk berkaliber besar yang paling kuat di dunia.

VPK-Ural, Rantis Pasukan Khusus Rusia atau Spetsnaz. Sumber: RBTH.

Panjang kendaraan ini mencapai 6,5 meter, sedangkanya lebarnya 2,5 meter. VPK-Ural memiliki slot senapan pada kedua sisinya. Slot ini bisa digunakan penembak senapan mesin ringan dan senapan otomatis untuk melancarkan serangan selagi kendaraan melaju atau bahkan mengubah kendaraan menjadi semacam benteng mini di medan perang.

Di dalam, kendaraan itu dapat menampung hingga 12 personel dengan peralatan tempur lengkap – sekitar 40-50 kg senjata, baju antipeluru, amunisi, dan peralatan lainnya di luar bobot tubuh si prajurit itu sendiri.

Selain itu, “monster” seberat 14,5 ton ini mampu berlari hingga kecepatan 100 km/jam di jalan raya dan menempuh jarak hingga 1.000 km dengan sekali pengisian bahan bakar penuh. Cocok bagi Spetsnaz atau pasukan khusus Rusia yang beroperasi sangat rahasia namun harus cepat ke titik operasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya