Logo DW

Kenali Ciri-ciri Teori Konspirasi Virus Corona COVID-19

Teori Konspirasi Virus Corona.
Teori Konspirasi Virus Corona.
Sumber :
  • The Union Journal

Isu teori konspirasi mengenai Virus Corona COVID-19 bak angin kencang. Bersama berita palsu atau hoax, keduanya berupaya memperdaya pikiran manusia.

Warga dunia kini sedang berada di tengah pusaran krisis dampak pandemi COVID-19. Bukan hanya masalah kesehatan dan ekonomi tapi juga krisis psikologis.

Konsekuensi pandemi punya impak berbeda-beda bagi tiap individu. Tapi ada satu dampak yang sama bagi semua: ketidakpastian.

Dan, orang tidak suka ketidakpastian. Mereka ingin tahu, apa yang akan terjadi kemudian dan bagaimana? Serta apakah semua hal harus dilakukan secara berbeda dari saat sebelum pandemi?

Kondisi seperti inilah yang menghidupkan teori konspirasi di saat terjadi krisis. Sebab, teori konspirasi dan hoax selalu menawarkan penjelasan yang gampang dicerna terkait kekacauan dan ketidakpastian yang seolah tanpa akhir.

Di saat normalitas yang dikenal banyak orang serasa makin menjauh dari keseharian, biasanya orang-orang cenderung mengikuti narasi yang mengklaim tahu apa atau siapa penyebab krisis.

Kapan teori bisa digolongkan konspirasi?